Haji 2022

Jemaah SOC 20: Terasa Haji Khusus, Layanan Pemerintah Luar Biasa

Madinah (Kemenag) --- Jemaah kloter 20 Embarkasi Solo (SOC-20) menilai pelayanan Pemerintah Indonesia pada penyelenggaraan haji tahun ini sangat baik. Bahkan, banyak jemaah yang merasa terharu. 

“Betapa kami tidak terharu, kerinduan kami untuk bisa berangkat ke tanah suci yang sempat tertunda selama 2 tahun akibat pandemi, terbayar sudah dengan berbagai layanan pemerintah kepada kami. Jemaah haji reguler terasa seperti haji khusus. Layanan pemerintah luar biasa,” ungkap Wahyudi, salah satu jemaah yang mendapat amanah juga sebagai salah satu ketua regu SOC 20, di Madinah, Minggu (26/6/2022).

Hal senada disampaikan Ketua Kloter SOC 20, Masduqi. Menurutnya, selama lebih delapan hari di Madinah, jemaah gabungan Kota Yogyakarta, Kulon Progo, dan Bantul ini bersyukur karena rangkaian kegiatan selama di Madinah dapat dilalui dengan sempurna, terutama terkait kegiatan arbain. Walaupun dari sisi jarak ke Masjid Nabawi sedikit lebih jauh dibanding kloter DIY lainnya, meski tetap masih dalam wilayah Markaziyah. 

“Terkait jarak dari pemondokan ke masjid Nabawi ini justru disikapi positif oleh jemaah haji.  Terbukti selama di Madinah, mereka dapat mengotimalkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk beribadah arbain,” ungkap Masduqi.

“Kami sangat bersyukur jemaah Kloter SOC 20 masih diberi kesehatan dan kekuatan sehingga hari ini 360 jamaah dapat seluruhnya bersama menuju Makkah,” sambungnya.

Sementara Banun Al Amin, salah satu Ketua Rombongan, jemaah Kloter SOC 20 mengatakan siap untuk melaksanakan ibadah umrah wajib menuju Makkah Al Mukarromah.