Juara Olimpiade OJK Regional, Dua Siswa MAN IC OKI ke Tingkat Nasional

Kayuagung (Kemenag) --- Dua Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Ogan Komering Ilir meraih poin tertinggi dalam Olimpiade Jasa Keungan Syariah Tingkat Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung. Keduanya adalah Imelda dan M. Fadhlan.

Ajang ini diikuti peserta dari 30 SMA/MA. Dalam Babak Final, MAN IC OKI mendapat poin 1400, SMAN 1 Palembang 350, dan SMAN Manggar 100 poin. Dengan hasil ini, dua siswa MAN IC OKI berhak mewakili Sumsel-Babel di tingkat nasional.  

MAN Insan Cendekia OKI menjadi salah satu madrasah yang diutus Kanwil Kemenag Sumsel untuk mengikuti Olimpiade (Cerdas Cermat) Keuangan Syariah yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan secara online pada Kamis, 24 Maret 2022). Di babak penyisihan, peserta mengerjakan 25 soal literasi keuangan syariah. Sekolah dengan tiga nilai tertinggi berhak bersaing di babak final. 

Guru pembimbing olimpiade, Febi Irawan, mengatakan bahwa kedua peserta didik telah menyiapkan diri secara maksimal dengan mempelajari buku (e-book) seri literasi keuangan yang disediakan pantia. “Siswa sudah kita siapkan dengan maksimal. Selain buku yang disiapkan panitia, kita juga ajak siswa pelajari referensi lainnya,” jelas Irawan. 

Meski demikian, Irawan mengakui anak bimbingannya masih perlu belajar lebih giat dan intensif. Hal ini karena materi yang diujikan adalah ekonomi syariah dan materi lainnya, seperti OJK, perpajakan, pasar modal, asuransi, perbankan, pegadaian, fintech, dan dana pensiun. 

Kepala Madrasah, H. Kiagus Faisal, mengapresiasi capaian peserta didiknya dan juga pembimbingnya. “Meski terbilang singkat persiapannya, alhamdulillah anak-anak (siswa) olimpiade ekonomi berhasil meraih poin tertinggi dan maju ke nasional dalam Olimpiade OJK tahun ini. Kita beri apresiasi kepada pembimbing dan siswanya,” jelas Faisal saat memimpin Apel Pagi PTK MAN IC OKI, Jumat (25/3/2022). 

Apresiasi juga disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumsel, Muhammad Ali. “Alhamdulillah, ini kabar baik bagi madrasah yang telah mampu bersaing dengan sekolah-sekolah unggul di Sumsel-Babel. Dengan prestasi ini, saya berharap Ananda berdua semakin semangat dan focus,” tulisnya melalui pesan singkat. 

Atas hasil ini, kedua siswa akan mewakili Sumsel-Babel di tingkat nasional pada 7 - 14 April 2022. Ajang ini juga akan digelar secara virtual. 

Imelda dan M. Fadhlan merupakan siswa MAN IC OKI yang mengikuti Kelompok Pengembangan Diri Olimpiade Ekonomi. Dengan hasil ini, mereka harus belajar lebih keras untuk mampu berasaing di tingkat nasional sekaligus menyiapkan diri mengikuti olimpiade bergengsi lainnya. (Af)