Juliana, Siswa MTsN 1 Pati Juara 3 Bidang Ekonomi Prisma Social Science Olympiad

Pati (Kemenag) --- Juliana Nur Santika, siswa MTsN 1 Pati berhasil meraih juara 3 bidang Ekonomi dalam ajang Prisma Social Science Olympiad SMP/MTs Sederajat tingkat nasional 2022. Ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh Prisma Cendekia Foundation ini digelar pada 3 - 4 September 2022.

“Saya bersyukur dan sangat bahagia, Alhamdulillah mendapat juara 3. Awalnya tidak menyangka bakal dapat juara,” ucap Juliana, sapaan akrabnya, di Pati, Jumat (9/9/2022).

Juliana mengaku tertarik pada bidang ekonomi dibandingkan bidang lain yang dilombakan. Menurutnya, ilmu ekonomi sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Meski demikian, ia mengaku mengalami sedikit kesulitan ketika mengerjakan soal.

“Memang ada beberapa soal yang saya bingung tapi yang lainnya Alhamdulillah bisa saya pahami dan kerjakan dengan baik karena sebelumnya sudah mempelajari materinya,” ungkap Juliana.

Selain Juliana, dua siswa lainnya adalah Bibit Rizqiana pemeroleh medali emas bidang Geografi dan Hammam Al Rasyid Bagus Nugroho pemeroleh medali perunggu bidang Sejarah.

Mewakili kedua temannya tersebut, Juliana mengucapkan terima kasih kepada pihak madrasah terutama guru pembimbing yang selalu memberikan dukungan dalam mengikuti setiap lomba. “Untuk MTsN 1 Pati, terima kasih telah memberikan ilmu yang bermanfaat bagi saya dan siswa-siswi yang lain, dan untuk guru pembimbing terima kasih juga telah membimbing dan mendukung di setiap perlombaan,” tandasnya.

Mendengar kabar prestasi peserta didiknya, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, memberikan apresiasi. Menurutnya, talenta siswa MTsN 1 Pati saat ini sudah semakin terlihat dari kemampuan mereka dalam mengerjakan soal-soal jenjang SMA. “Alhamdulillah, siswa kami semakin nampak super talentanya. Setelah kemarin 4 siswa berhasil lolos di OSN tingkat SMA di bidang Astronomi, Kimia, dan Matematika, kini muncul prestasi lagi di bidang Ekonomi, Geografi, dan Sejarah,” tuturnya.

Seperti yang diketahui, pada Agustus 2022 lalu, empat siswa MTsN 1 Pati berhasil melaju Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMA/MA tingkat provinsi. Syafak menyampaikan bahwa prestasi peserta didiknya ini merupakan buah dari proses pembimbingan yang istiqomah dan berkelanjutan oleh guru pembimbing. “Prestasi anak kami tentunya tidak lepas dari proses pembimbingan yang dilakukan oleh bapak ibu guru secara istiqomah dan berkelanjutan,” jelasnya.

Atas prestasi terbaik ini, Syafak tidak berhenti mengucap rasa syukur dan memberikan ucapan selamat serta terima kasih kepada para prestator madrasah. “Untuk itu tidak henti-hentinya kami ucapkan syukur, selamat, dan terima kasih atas persembahan terbaiknya kepada MTsN 1 Pati tercinta. Harapan untuk menjadi madrasah berkarakter unggul mendunia, mandiri, berprestasi, dan merdeka segera terwujud di tahun ini,” harap Syafak.

“Teruslah berjuang di jalur prestasi wahai anak-anakku yang cerdas berkarakter dan shalih shalehah,” imbuhnya.