Daerah

Kakanwil Kemenag Sulsel Usul Gelar Bapak Moderasi Beragama untuk KH Sanusi Baco

Kakanwil Kemenag Sulsel Khaeroni

Kakanwil Kemenag Sulsel Khaeroni

Maros (Kemenag) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan Khaeroni mengusulkan untuk memberi gelar Bapak Moderasi Beragama bagi almarhum Anregurutta KH Sanusi Baco. Usul ini dicetuskan Khaeroni saat menghadiri Kegiatan Mengenang 40 Hari Wafatnya Anregurutta KH. Muhammad Sanusi Baco.

“Kami mengusulkan beliau Anregurutta KH Muhammad Sanusi Baco, Lc sebagai Bapak Moderasi Beragama, setidaknya di Sulsel. Saya mengusulkan beliau menjadi Bapak Moderasi Baragama,”ucap Khaeroni, di Soreang, Kamis (26/4/2021)

Bukan tanpa alasan Khaeroni menyampaikan usul tersebut dalam acara yang digelar secara daring dan luring di Masjid Rabiatul Adawiyah Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum, Soreang, Kabupaten Maros tersebut. Menurutnya, selama hidupnya, KH Sanusi Baco telah memberikan teladan cara beragama yang baik bagi masyarakat Sulawesi Selatan.

“Saya Kenal Baik dengan Anregurutta KH Sanusi Baco. Almarhum adalah guru kami di Kemenag. Selama hidup, yang saya saksikan adalah beliau merupakan suri teladan yang baik bagi kita," ungkap Khaeroni.

"Beliau tidak pernah menyakiti orang lain. Saya saksikan, bahwa tidak pernah ada gestur almarhum yang menunjukkan sikap menyakiti orang lain, meskipun kepada mereka yang berbeda dengan beliau,”imbuhnya.

Wawasan keilmuan, keagamaan, sikap dan keteladanan yang diperlihatkan oleh Anregurutta, lanjut Khaeroni, membuat semua kalangan bisa menerima almarhum. "Baik yang beda organisasi maupun yang beda agama sekalipun, disinilah keistimewaan sekaligus karomah yang dimiliki Oleh Anregurutta," tutur Khaeroni yang hadir langsung di Pesantren Nahdlatul Ulum.

Turut hadir bersama Kakanwil, para Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan, Bupati Maros, Ketua MUI Kabupaten Maros, Pengurus Wilayah NU Sulsel, pihak keluarga, jajaran pengurus pondok pesantren dan para undangan.

Sedangkan hadir virtual dan via Zoom, Rais Aam Syuriah PBNU KH Miftachul Akhyar, Direktur Nasional Gusdurian Network Indonesia (GNI) Alissa Wakhid, Rektor Universitas Sulawesi Tenggara, Prof. Andi Bahrun.

Kegiatan mengenang 40 hari wafatnya KH Muhammad Sanusi Baco, Lc ini diakhiri dengan doa dari Ketua MUI Kabupaten Maros, KH Syamsul Khalik. (Ulya/wrd)


Editor: Indah

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua