Kapasitas Bagasi Bus Terbatas, Jemaah Gelombang II Diimbau Beli Oleh-Olehnya di Madinah

Makkah (Kemenag) – Jemaah haji yang datang ke Tanah Suci pada gelombang ke 2, mulai besok 21 Juli 2022 secara bertahap diberangkatkan ke Madinah. Besok dijadwalkan ada lima kloter yang diberangkatkan ke Madinah dengan total kurang lebih 1.932 jemaah.

Kepala Seksi Transportasi Daerah Kerja Makkah Asep Subhana mengatakan, pemberangkatan jemaah dari Makkah ke Madinah skemanya berbeda dengan pemberangkaran dari Makkah ke Jeddah. 

“Kalau dari Makkah ke Jeddah koper sudah diangkut oleh pihak penerbangan H-1, namun untuk dari Makkah ke Madinah barang bawaan atau koper jemaah itu melekat kepada bus yang digunakan oleh jemaah,” kata Asep, Rabu (20/07/2022).

Menurutnya, ada dua hal krusial. Pertama, dari sisi jemaah. Jemaah diimbau tidak membawa barang  berlebih selain koper, koper kecil dan tas dokumen. Karena kapasitas bagasi bus yang terbatas.

“Diimbau agar jemaah jangan semua barang dibeli di Makkah  dibawa semua ke Madinah. Itu bisa jadi problem nanti. Kalau  jemaah membawa barang bawaan berlebih dengan setiap bus diisi 45 orang, maka akan kesulitan membawanya di bagasi bus yang kapasitasnya terbatas,” terang Asep. 

“Jadi jemaah kalau mau belanja-belanja nanti di Madinah saja, karena jemaah nanti pulang ke Tanah Air melalui Bandara Madinah,” imbau Asep.

Meskipun demikian, kata Asep, barang jemaah yang tertinggal Makkah akan akan diangkut menuju Madinah, namun ada proses waktu. “Kita kumpulkan dulu barang-barang tersebut dari beberapa kloter, baru nanti kita kirim ke Madinah menggunakan truk,” jelasnya.

Kedua, dari sisi petugas. Menurutnya, petugas harus mengecek dengan teliti setiap bus sesuai spesifikasi yang tertera di kontrak. “Kalau bus yang mengangkut jemaah di luar spesifikasi kontrak, petugas tersebut harus lapor ke Daker, nanti dalam waktu satu jam kemdaraan itu harus kita ganti,” tandas Asep yang mengatakan bahwa bus yang digunakan minimal tahun 2017 ke atas. 

Selanjutnya, kata Asep, petugas juga harus menata koper-koper jemaah supaya seoptimal mungkin bisa terangkut bus tersebut, bus yang sama dengan jemaahnya. 

Berikut jadwal keberangkatan jemaah dari Makkah ke Madinah:
1. Kloter 24 Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 24), berangkat dari hotel di Raudhah-Makkah pukul 07.00 WAS

2. Kloter 8 Embarkasi Medan (MES 8), berangkat dari hotel di Raudhah-Makkah pukul 09.00 WAS

3. Kloter 5 Embarkasi Aceh (BTJ 5), berangkat dari hotel di Raudhah-Makkah pukul 13.00 WAS

4. Kloter 22 Embarkasi Solo (SOC 22), berangkat dari hotel di Jarwal-Makkah pukul 15.00 WAS

5. Kloter 3 Embarkasi Makassar (UPG 3), berangkat dari hotel di Syisyah-Makkah pukul 17.00 WAS