Nasional

Karnaval Kendaraan Hias Semarakkan Tahun Baru Islam

Palembang, 30/1 (Pikda) - Puluhan mobil hias bernuansa Islam mengikuti karnaval keliling Kota Palembang, Senin untuk memeriahkan perayaan penyambutan tahun baru 1427 H yang akan jatuh pada 31 Januari 2006. Kendaraan yang dihiasi beranekaragam pernak-pernik dan dibentuk menjadi kapal, masjid dan rumah adat berkeliling kota dengan start dari halaman rumah dinas Gubernur Sumsel dan finish di halaman Benteng Kuto Besak.

Karnaval kendaraan hias tersebut mengundang perhatian banyak warga kota, meski digelar di tengah hari dan sempat turun hujan gerimis tidak mengurangi semangat penonton menunggu di jalur yang dilewati iring-iringan kendaraan peserta. Kendaraan hias itu melintasi beberap jalan protokol antara lain Jalan Demang Lebar Daun, Jenderal Sudirman, Kapten A. Rivai, Jalan Merdeka langsung memasuki kawasan Benteng Kuto Besak.

Jalan protokol yang dilalui peserta karnaval sempat macet, namun berkat kesigapan aparat keamanan dan petugas Dinas Perhubungan Kota Palembang, kemacetan total bisa dihindari. Kasubdin LLAJ Dishub Palembang, Edy Nursalam mengatakan, pihaknya telah menurunkan puluhan petugas untuk mengatur lalulintas terutama pada jalur yang menjadi rute karnaval mobil hias. Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari seluruh warga kota yang mayoritas beragama Islam, karena itu masalah lalulintas yang sebelumnya dikhawatirkan akan mengalami macet total bisa dihindari, tambahnya.(Ant/smt)

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua