Karya Fotografi MAN IC Tanah Laut Juara National Science Photography Contest

Tanah Laut (Kemenag) --- Dua tim fotografi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Tanah Laut berhasil memenangi National Science Photography Contest (NSPC) 2021.

Ajang ini digelar Indonesia Scientific Society (ISS) bekerja sama dengan Kemendikbud dan PPPTK IPA pada Minggu (27/06/2021).

Dalam ajang ini, MAN IC Tanah laut mengirim tim Lava Bubble yang beranggotakan Syifa Nurulita dan Intan Susilowati, dan tim Grasping Fire yang beranggotakan Redha Noor Arisya Putri dan Shofa Yulia Rizki. Di babak final, dua tim Madrasah Aliyah dari Kalimantan Selatan tersebut berhadapan dengan SMK Cakra Buana, Depok, Jawa Barat.

"Alhamdulillah, Lava Bubble meraih juara 1, mendapat medali emas. Grasping Fire meraih juara 2 dan mendapat medali perak," terang Kepala MAN Insan Cendekia Tanah Laut, Hilal Najmi.

Dia mengucapkan selamat kepada kedua tim yang telah berhasil menyisihkan lawannya dari provinsi Jawa Barat. "Meski MAN IC bertipologi madrasah akademik, kami selalu memberikan ruang dan kesempatan kepada siswa untuk mengasah bakat serta talenta mereka di bidang nonakademik, namun tetap dalam kontek akademik," ujarnya. 

"Bakat anak-anak yang beragam dan luar biasa dalam bidang fotografi dapat dibuktikan dengan dijuarainya even Indonesia Scientific Society ini. Alhamdulillah mereka juara, saya bangga dengan mereka,” sambungnya.

Fitriani selaku guru pembimbing mengaku bersyukur dan bangga kepada siswa yang sudah memberanikan diri untuk meraih prestasi. Menurutnya, kemampuan dalam menginterpretasikan konsep ilmu pengetahuan dalam sebuah gambar merupakan penerapan yang bagus dalam pembelajaran abad-21. "Proses berpikir creative thinking sangat berperan di sini," jelasnya

Syifa, salah satu anggota tim MAN IC Tanah Laut, mengatakan, dengan ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut, dia bisa menambah pengalaman dan berkesempatan mengaplikasikan konsep reaksi kimia yang sudah dipelajari menjadi produk foto yang menarik. "Alhamdulillah hobi yang baru kami geluti langsung menjadi juara di tingkat nasional," pungkasnya.