Kelulusan PPG Daljab Angkatan II Segera Diumumkan

Yogyakarta (Kemenag) --- Penetapan kelulusan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) bagi guru binaan Kementerian Agama akan segera diumumkan. Pengumuman kelulusan ini meliputi guru madrasah, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah, serta guru Pendidikan Agama Kristen, Hindu, Katolik, dan Buddha. 

Hal ini sesuai putusan rapat koordinasi panitia nasional PPG Kementerian Agama dan Panitia Nasional UKMPPG Kemendikbudristek yang berlangsung di Yogyakarta, Senin (20/12/2021). Rakor diikuti juga oleh beberapa unsur terkait.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Suyitno selaku Ketua Pelaksana Panitia Nasional PPG Kementerian Agama mengatakan bahwa kebijakan penetapan kelulusan atas Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) dilakukan dengan mengutamakan aspek mutu dan kualitas mahasiswa berdasarkan hasil capaian pembelajaran berbasis standar penjaminan mutu perguruan tinggi.

Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang ini berharap persentase kelulusan mahasiswa PPG Daljab (Angkatan II) pada tahun 2021 ini bisa lebih baik dari capaian kelulusan di angkatan sebelumnya. "Kebijakan pasca Uji Kinerja (Ukin) untuk melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi mahasiswa melalui program try out pendalaman kisi-kisi soal Uji Pengetahuan (UP) akan memberikan dampak yang sangat signifikan bagi para mahasiswa PPG Daljab," ungkap Suyitno.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Muhammad Zain mengapresiasi seluruh LPTK Penyelenggara PPG Daljab Tahun 2021, yang telah berupaya memberikan layanan pembelajaran yang terbaik kepada mahasiswa PPG Daljab. Perkuliahan yang dilaksanakan secara 100% Daring tentu tidak mudah bagi seluruh dosen, guru pamong dan tim IT untuk dilaksanakan, banyak tantangan yang harus dihadapi.

Zain juga menekankan bahwa program PPG merupakan program strategis yang sangat penting, sehingga harus dikawal oleh tim konsorsium yang profesional, berintegritas dan memiliki kinerja yang maksimal. "Saya merasa bangga atas kinerja panitia nasional PPG yang terus mampu bersinergi secara intensif lintas kementerian/ lembaga," ungkapnya.

Hadir mendampingi para Direktur, Kepala Seksi Bina Guru MI dan MTs Mustofa Fahmi selaku Sekretaris Panitia Nasional PPG Kementerian Agama mengatakan, pasca dilaksanakannya pertemuan ini, Panitia Nasional PPG Kemenag RI bersama Panitia Nasional UKMPPG Kemendikbudristek akan menggelar rapat pengarah yang menghadirkan para pimpinan terkait. Selanjutnya, akan ditetapkan data kelulusannya yang akan disampaikan melalui seluruh LPTK Penyelenggara.

"Dengan berakhirnya penyelenggaraan PPG Daljab Angkatan II ini, yang bersamaan dengan Angkatan IV Kemendikbudristek, Panitia Nasional akan segera melaksanakan re-evaluasi penyelenggaraan PPG Daljab secara menyeluruh dengan melibatkan banyak pihak demi terwujudnya tata kelola layanan program PPG yang lebih baik lagi di tahun mendatang," tandasnya. (MF)