Daerah

Kembangkan UPTD PAB, Tim ACCOALTIC MAN 1 Kuansing Juara 1 LKTI Reactor Nasional

Tim ACCOALTIC Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kuantan Singingi, Riau

Tim ACCOALTIC Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kuantan Singingi, Riau

Riau (Kemenag)--Kembangkan Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengelola Air Bersih (UPTD PAB), Tim ACCOALTIC Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kuantan Singingi, Riau raih Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Reactor Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB).

Gelaran lomba karya tulis ilmiah berlangsung pada 28 Januari 2023 di kampus ITB Bandung. Tim ACCOALTIC MAN 1 Kuantan Singingi terdiri dari Elda Juliana Jelita dan Marsya Rizkya Ramadhani dengan guru pembimbing Nurfi Hikma berhasil menyisihkan 72 tim madrasah dan sekolah sederajat se Indonesia dan menjadi satu- satunya madrasah di Sumatera yang masuk dalam 10 besar LKTI Reakctor Teknik Kimia ITB 2022.

Kepala MAN 1 Kuansing Suhelmon mengatakan, pada LKTI Nasional Tim MAN 1 Kuansing mengangkat tema Optimalisasi Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengelola Air Bersih (UPTD PAB) Melalui Perlakuan A12 (SO4) 3 dan Karbon Aktif pada Air Sungai Kuantan Terimpregnasi Limbah Hg Aktivitas Peti.

Menurut Suhelmon, karya ilmiah ini juga mencari solusi terhadap kondisi ril di Sungai Kuantan sebagai ikon Kabupaten Kuantan Singingi.

"Segenap civitas akademika MAN 1 Kuansing sangat bangga atas prestasi yang diraih oleh anak-anak kami di ajang lomba LKTI Nasional. Ini sangat membanggakan bagi Kabupaten Kuansing, Riau bahkan Sumatera karena MAN 1 Kuansing menjadi tim satu-satunya yang mewakili Sumatera," kata Suhelmon, Jumat (3/02/2023).

Apresiasi serupa disampaikan oleh Kakanwil Kemenag Riau Mahyudin kepada para guru dan siswi MAN 1 Kuansing yang telah berhasil mengharumkan nama madrasah di kancah Nasional.

"Selamat atas prestasi yang telah diperoleh siswi kita di MAN 1 Kuansing, teruslah kembangkan pola pikir dan menginspirasi serta memotivasi untuk terus berkarya dan berbuat yang terbaik untuk daerah, negara dan bangsa," harap Mahyudin. (Mus)


Editor: Dodo Murtado
Fotografer: Istimewa

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua