Kemenag Apresiasi 15 Kanwil dengan Pencairan PIP Tertinggi

Jakarta (Kemenag) --- Direktorat Jenderal Pendidikan Islam memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 15 Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dengan penyaluran dan realisasi pencairan anggaran Program Indonesia Pintar (PIP) tertinggi untuk tahap I tahun 2021. Apresiasi dan penghargaan disampaikan Dirketur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah, Mohammad Isom Yusqi.

“Saya ucapkan apresiasi dan penghargaan kepada Kanwil yang telah mengawal dan melakukan pencairan tertinggi dana PIP. Apresisasi diberikan untuk mendorong peningkatkan kinerja pengelolaan PIP di masing-masing wilayah dalam mengawal bantuan sosial PIP di madrasah,” terang Isom Yusqi dalam Rapat Koordinasi dan Evaluasi PIP yang digelar secara virtual, Rabu (18/8/2021).

Selain jajaran Kemenag, hadir juga pihak bank yang menjadi mitra Ditjen Pendidikan Islam dalam menyalurkan bantuan sosial PIP madrasah, yaitu: BNI, BRI, dan BSI. Isom meminta agar bank penyalur dapat memberikan layanan terbaik dalam proses pencairan. Sehingga, dana PIP bisa segera terserap dan manfaatnya bisa dirasakan penerima.

“Untuk bank penyalur, BRI, BNI, dan BSI, minta tolong dibantu untuk percepatan pencairan, agar bisa termanfaatkan oleh penerima. Di samping itu, kita juga seringkali diingatkan oleh Itjen, BPK, bahkan KPK terkait dana PIP yang masih belum terserap,” imbuh Isom.

Kepala Subdit Kesiswaan, Nanik Pujihastuti, menambahkan, evaluasi digelar agar pelaksanaan bantuan sosial PIP terlaksana dengan baik dan sesuai ketentuan yang berlaku.

“PIP merupakan program mandatori. Tentu harus kita laksanakan dan kita kawal dengan baik dan amanah, agar penyaluran bantuan sosial PIP ini terlaksana dengan baik, tepat sasaran, tepat jumlah, dan tepat waktu. Dan tentunya bisa memberikan manfaat bagi penerima manfaat, yaitu siswa-siswi madrasah kita," pungkasnya 

Berikut 15 Kanwil Kemenag Kementerian Agama Provinsi penerima penghargaan dengan kategori “Realisasi Pencairan Tertinggi Dana PIP Tahap 1 Tahun 2021”:

1. Papua, 
2. Kepulauan Bangka Belitung, 
3. Kepulauan Riau, 
4. Bali, 
5. D.I. Yogyakarta, 

6. Sumatera Barat, 
7. Nusa Tenggara Timur, 
8. Sulawesi Barat, 
9. Papua Barat, 
10. Sulawesi Tenggara, 

11. Gorontalo, 
12. Kalimantan Utara, 
13. Kalimantan Timur, 
14. Kalimantan Selatan, dan 
15. Aceh
(Ozi)