Kemenag Apresiasi Kiprah Guru Raudhatul Athfal Mendidik Anak Bangsa

Jakarta (Kemenag) ---- Kementerian Agama mengapreasiasi kiprah dan pengabdian guru Raudhatul Athfal (RA) di seluruh Indonesia yang telah mendidik anak-anak bangsa.

"Terima kasih dan apresiasi Kementerian Agama kepada guru-guru RA yang telah mentransformasikan, mendiseminasikan dan menyebarkan ilmu pengetahuan serta membangun akhlak generasi bangsa, hingga berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia," kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat membuka acara Apresiasi Guru Raudhatul Athfal Indonesia Tingkat Nasional 2022, di Asrama Haji Pondok Gede, Senin (28/11/2022).

"Apresiasi terhadap Apguraindo dalam membangun generasi anak-anak bangsa melalui IGRA. Membangun kemajuan peradaban, dan kesejahteraan bangsa Indonesia sesuai dengan tema acara ini," lanjut Zainut Tauhid.

Zainut Tauhid menyampaikan bahwa lahirnya IGRA (Ikatan Guru RA) mengemban amanah yang sangat tinggi, yakni mewujudkan lembaga RA yang Islami, unggul, dan berdaya saing dengan memiliki guru yang berpendidikan dan berkahlakul karimah.

"Selamat Hari Guru Nasional tahun 2022," tandas Zainut Tauhid.

Penasihat DWP Kemenag, Eny Retno Yaqut menyampaikan bahwa dalam menghadapi era teknologi saat ini, peran guru RA sangat penting, utamanya dalam mendidik anak-anak generasi bangsa.

"Dalam penggunaan teknologi kepada anak harus dibekali dengan berfikir cerdas. Guru RA berperan besar di sana," kata Eny Retno.

Eny Retno menyampaikan bahwa kolaborasi IGRA dengan Kemenag harus dilinierkan untuk peningkatan kapasitas Guru RA.

"Semisal kolaborasi program penguatan Moderasi Beragama. Ini penting, karena guru RA menjadi sosok awal yang bersentuhan dengan anak-anak," tambah Eny Yaqut.

Eny Yaqut berharap, peningkatakan kompetensi guru RA harus terus digaungkan untuk memberikan pendidikan pada anak yang semakin membaik.

Ketua Umum PP IGRA, Siti Latifah Firdaus melaporkan bahwa acara yang mengumpulkan guru-guru RA perwakilan dari 22 Provinsi se Indonesia ini mengusung tema 'APGURAINDO Wujudkan Guru RA yang Mandiri dan Berprestasi'.

"Acara ini bagian dari upaya mempererat tali silaturahmi dan mewujudkan guru RA yang mandiri dan berprestasi," kata Siti Latifah Firdaus.

Siti Latifah Firdaus juga menyampaikan bahwa acara ini diikuti peserta sekitar 800-an orang. Helat ini bertujuan meningkatkan potensi guru-guru RA.

"Guru RA mengajarkan hal-hal penting kepada anak-anak bangsa. Karakter bagi anak-anak yang utama untuk diterapkan di RA," tandas Siti Latifah Firdaus.