Kemenag Dorong UIN Malang segera Jadi PTN-BH

Malang (Kemenag) --- Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama M Ali Ramdhani mendorong Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang bisa segera bertransformasi dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). 

Menurutnya, transformasi akan mendorong UIN Malang untuk dapat membangun layanan pendidikan yang lebih prima. “Kami dari Kementerian Agama tentu mendorong agar UIN ini dapat segera bertransformasi dari BLU menjadi PTN-BH. Dengan menjadi PTN-BH, UIN akan memiliki lebih banyak keleluasaan dalam pendayagunaan sumber daya yang dimiliki, menjadi lebih gesit,” papar M Ali Ramdhani di Malang, Jumat (27/5/2022).

“Saya ingin ada akselerasi dari perguruan tinggi, khususnya UIN Malang untuk ikut serta meningkatkan kapasitas pendidikan bagi anak bangsa,” sambungnya.

Dhani juga berharap UIN Malang melakukan sejumlah terobosan yang lebih strategis, salah satunya menggaungkan muslim lifestyle, seperti halal industri maupun halal food. Hal tersebut selaras dengan visi misi UIN Malang untuk menuju World Class University. Apalagi, dari sisi perangkat keilmuan, UIN Maliki Malang juga sudah memiliki kesiapan. Di kampus ini sudah ada ilmu syariah, farmasi, biologi, kimia.

“Semua itu tinggal diintegrasikan. Kalau dulu ilmu untuk ilmu, sekarang ilmu untuk menyelesaikan masalah masyarakat,” terangnya.

"Jadi kalau untuk internasionalisasi, yes. Itu salah satu misinya, karena kalau belajar halal industri, nanti episentrumnya ada di UIN Malang," tandasnya. (Yuyun)