Kemenag Finalisasi dan Uji Publik Modul Bimbingan dan Konseling Madrasah

Makassar (Kemenag) --- Kementerian Agama RI  tengah memfinalisasi dan uji publik modul Bimbingan Konseling (BK) Madrasah. Modul ini akan menjadi panduan bagi para guru Bimbingan dan Konseling Madrasah di Indonesia. 

Hal ini disampaikan  Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan, Masykur saat membuka kegiatan Penyusunan Modul Bimbingan Konseling (Angkatan II) di Makassar. “Modul yang tengah dalam proses finalisasi  ini tentunya untuk meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling di madrasah dan memberikan pemahaman serta pedoman bagi para guru BK dalam melakukan layanan,” ucap Masykur, Senin (5/4/2021).

Sementara Kepala Seksi Bina Guru MI dan MTs Kemenag Mustofa Fahmi menerangkan, proses finalisasi modul ini diikuti 35 peserta dari unsur unsur Guru BK, Kepala Madrasah, Pengawas, Dosen, Widyaiswara, Kepala Seksi Guru/Kepala Seksi Tendik/Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, dan Staf Kemenag Pusat dan Daerah.

"Kami berharap penyusunan modul BK Madrasah ini dapat menghasilkan modul yang sempurna. Sebab modul ini akan menjadi acuan bagi pemangku kepentingan lain dalam penyelenggaraan bimbingan dan konseling," tuturnya. 

Ia menambahkan, usai melakukan finalisasi, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kemenag akan melakukan uji publik.  

“Selanjutnya modul yang telah siap  akan dijadikan sebagai bahan pelatihan Guru BK dalam forum Kelompok Kerja Guru BK (MGBK), juga sebagai acuan guru BK dalam mengembangkan program layanan BK secara optimal,“ ungkap Fahmi. (Hikmah)