Nasional

Kemenag Gelar Bimtek Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi

Kepala Biro Ortala Akhmad Lutfi Saat menyampaikan materi

Kepala Biro Ortala Akhmad Lutfi Saat menyampaikan materi

Jakarta (Kemenag) --- Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Setjen Kementerian Agama menggelar Bimbingan Teknis Penilaian Mandiri Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi Tahun 2022.

Kepala Biro Ortala Akhmad Lutfi menegaskan bahwa SPIP adalah ikon dalam upaya membangun tata kelola pemerintah yang baik. Caranya, dengan mengimplementasikan pengendalian internal yang baik, termasuk di dalamnya pengelolaan dan pengendalian risiko, pencegahan risiko korupsi, serta pentingnya integrasi dalam penyelenggaraan SPIP.

"Kegiatan ini diadakan juga sekaligus bentuk sosialiasi Peraturan Kepala BPKP Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi pada K/L/Pemda dalam rangka peningkatan maturitas SPIP terintegrasi," terang Lutfi di Jakarta Rabu (15/6/2022).

"Pada Tahun 2021 telah dilakukan penilaian maturitas SPIP terintegrasi oleh BPKP dengan nilai SPIP sebesar 3,299, MRI sebesar 3,173, dan IEPK sebesar 3,329 yang masuk dalam kategori level terdefinisi. Hasil ini merupakan bagian penilaian dari aspek hasil antara dalam reformasi birokrasi yang dilakukan oleh Kemenpan RB," lanjutnya.

Giat ini diikuti utusan dari 11 Unit Eselon I Pusat secara luring. Sedangkan utusan dari Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), Kanwil, Kankemenag Kab/Kota, dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) mengikutinya secara daring.

Hadir sebagai naras umber, Didin Saepudin dari BPKP mengatakan bahwa model penilaian maturitas terintegrasi dalam Perka BPKP No. 5 Tahun 2021 diarahkan pada empat tujuan SPIP, yaitu: efektifitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan, keandalan laporan keuangan, keamanan asset, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

"Melalui bimtek ini diharapkan satuan kerja minimal unit eselon II dapat melakukan penilaian mandiri atas maturitas SPIP terintegrasi secara benar sebelum dilakukan PK oleh APIP yang diagendakan pada Juli mendatang," pungkas Didin


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua