Kemenag Gelar Konferensi Internasional Bahas Kontribusi PTKI dalam Transformasi Sosial

Jakarta (Kemenag) --- Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama akan kembali menggelar konferensi internasional bertajuk The 4th International Conference On University Community Engagement (ICON UCE).

Kegiatan ini akan berlangsung di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 24-26 Oktober 2022. ICON UCE 2022 mengangkat tema “Post Pandemic Resilience: From Islamic Higher Education To Social Transformation”.

“ICON-UCE merupakan wadah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman hingga kisah sukses keterlibatan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dengan masyarakat dari lokal hingga global dalam membangun kemanusiaan dan peradaban,” terang Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani, di Jakarta, Sabtu (15/10/2022).

Plt. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Syafi’i, menyatakan bahwa PTKI benar-benar membuktikan dirinya sebagai lembaga pendidikan yang senantiasa berkolaborasi dan bermitra dengan masyarakat dan berbagai stakeholder dalam memberdayakan masyarakat, terlebih di masa pandemi.

“Melalui ICON-UCE 2022, kita akan membuktikan kontribusi PTKI dalam transformasi sosial di masa pandemi Covid-19, terutama di bidang keagamaan, pendidikan, ekonomi, kesehatan, filantropi, dan lainnya," ungkap Syafi’i yang Kapusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

Koordinator Subdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Suwendi, ICON-UCE 2022 akan diselenggarakan empat kegiatan besar. Pertama, konferensi internasional dengan menghadirkan pembicara dalam dan luar negeri, serta 100 panelis terpilih di bidang pengabdian masyarakat.

Kedua, pemilihan pengabdian masyarakat terbaik dari seluruh PTKI di tanah air, yang meliputi tokoh pengabdi inspiratif, program pengabdian terbaik, dan penyelengaraan KKN Terbaik.

Ketiga, training metode pengabdian masyarakat, yakni Participatory Action Research (PAR) dan Asset Based Community Development (ABCD) yang diikuti 107 peserta.

Keempat, pameran pengabdian masyarakat dan kegiatan pendukung lainnya, antara lain: Festival Budaya Santri Nusantara, pengajian umum, bazar, dan donor darah.

Informasi lengkap mengenai ICON-UCE dapat diakses melalui https://icon-uce.id.