Kemenag Gelar Pekan Olahraga, Riset Ornamen dan Seni Indonesia Timur

Gorontalo (Kemenag) --- Kementerian Agama akan menggelar Pekan Olahraga Riset Ornamen dan Seni Indonesia Timur (POROS Intim).

“Poros Intim sangat strategis untuk mendulang prestasi guna mendukung akreditasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI),” kata Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Direktorat Diktis Ditjen Pendidikan Islam Ruchman Basori, pada Minggu (6/6/2021) di Gorontalo.

Ruchman menjelaskan, POROS Intim adalah wahana aktualisasi dan apresiasi bakat, minat, dan kegemaran mahasiswa PTKI untuk menemukan bintang-bintang mahasiswa. “Silaturrahmi, kompetisi dan prestasi adalah tiga ranah tujuan kegiatan ini agar mahasiswa berkembang dengan baik kapasitasnya,” katanya.

Mantan Ketua I Senat Mahasiswa IAIN Walisongo Semarang yang didampingi Kasi Kemahasiswaan Amiruddin Kuba ini menegaskan bahwa terdapat 1.123.153 mahasiswa PTKI yang harus mendapatkan layanan terbaik dalam mengaktualisasikan diri.

Poros Intim akan di gelar secara daring pada tanggal 2-7 Agustus 2021 dan secara luring pada tanggal 9-14 Agustus. Kegiatan ini akan melibatkan mahasiswa yang berasal dari 14 PTKIN se-Indonesia Timur.

Rektor IAIN Gorontalo Dr. Lahadji, M.Ag mengatakan, POROS Intim penting untuk memperkuat image building pengembangan kampus PTKI yang saat ini sedang tumbuh berkembang di tengah persaingan global.

Menurut Lahaji, kebersamaan dan sinergitas antar PTKIN se-Indonesia Timur penting, apalagi sejumlah PTKIN sedang bersiap menuju Universitas Islam Negeri (UIN). “Kita harus bergandengan tangan menjadi PT yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan memfasilitasi pelbagai event kemahasiswaaan,” katanya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Gorontalo Mujahid memastikan kesiapannya menjadi tuan rumah pagelaran POROS Intim dari mulai venue perlombaan yang akan dipusatkan di kampus dan penginapan yang akan ditempatkan di asrama haji.

“Kita memiliki bangunan baru yang representatif untuk perlombaan dan sejumlah fasilitas olahraga dan seni. Insya Allah persiapan mendekati sempurna,” kata Mujahid.

Ketua Forum Wakil Rektor/Wakil Ketua PTKIN se-Indonesia Timur Prof. Darussalam menerangkan 14 Wakil Rektor/Wakil Ketua PTKIN se-Indonesia Timur hadir mengikuti Rapat Koordinasi untuk memantapkan Petunjuk Teknis (Juknis) POROS Intim, peninjauan venue perlombaan, dan persiapan-persiapan lainnya.

Nampak hadir Kepala Biro AUAK Muhajirin Yanis, Wakil Rektor Bidang Adminsitrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Ahmad Faisal, Ketua Satuan Pengawas Internal Muhammad Adnan, para Dekan, Wakil Dekan III dan pejabat lainnya. (RB)