Internasional

Kemenag Gelar Seminar Internasional Pendidikan Pesantren di IIEE 2017

Jakarta (Kemenag) --- International Islamic Education Expo (IIEE) yang digelar Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama akan dimeriahkan dengan International Seminar on Pesantren Studies. Seminar ini akan digelar 20 - 22 November 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Serpong, Tangerang Selatan.

“Seminar akan mengangkat tema Pesantren Menghadapi Tantangan Global: Upaya Memperkuat Tafaqquh Fiddin dan Membangun Peradaban Bangsa,” ujar Direktur Pendidikan Diniyah dan Pndok Pesantren Ahmad Zayadi di Jakarta, Jumat (08/11).

“Kegiatan ini dilakukan agar pesantren terus berefleksi-inovasi dalam meng-upgrade sistem pembelajaran dan senantiasa survive menghadapi perubahan zaman,” tambahnya.

Zayadi mengatakan, seminar bertujuan memahami dan memetakan tantangan global yang dihadapi pesantren sekarang dan bagaimana optimalisasi peran lembaga pendidikan khas Indonesia ini di kancah Internasional. Menurutnya, saat ini perlu dipikirkan kembali dan dicari formulasi tentang peran strategis pesantren di tengah arus teknologi informasi dan perubahan budaya Indonesia.

“Tujuan lainnya adalah, memperkuat kelembagaan pesantren dalam memperkokoh institusionalisasi pendidikan sebagai upaya mencerdaskan manusia Indonesia seutuhnya,” tuturnya.

Sejumlah narasumber, dalam dan luar negeri, dijadwalkan akan hadir, antara lain: Syaikh Dr. Fadi Alamuddin (Lebanon - Global University), Syekh Dr. Thariq Ghannam (Australia - Mufti Darul Fatwa), dan Prof. Dr. Muhammad Hasan Hitou (Suriah – Pimpinan STAI Imam Syafii Cianjur).

Dijadwalkan hadir juga, KH. Musthofa Bisri (Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin), KH. Masdar Farid Mas’udi (Rais Syuriah PBNU), Dr. H Abdul Mu’thi, MEd (Sekjen PP Muhammadiyah), Prof. Dr. Abdul A'la (Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya), Dr. Ahmad Zayadi (Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren), Amich Alhumami, MA, M.Ed, Ph.D (Direktur Pendidikan Tinggi, IPTEK dan Kebudayaan Kementerian PPN / BAPENAS) dan Dr. Noor Ahmad (Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI)

“Bertindak sebagai Keynote Speaker seminar adalah Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin dengan tema Moderasi Islam dalam Kajian Pesantren,” tutup Zayadi.

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua