Internasional

Kemenag Jajaki Kerjasama Internasional Penguatan Perpustakaan Kampus

(foto: istimewa)

(foto: istimewa)

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama melalui Tim Akademik Panitia Pembangunan Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) melakukan penjajakan kerjasama internasional untuk penguatan manajemen perpustakaan kampus perguruan tinggi Islam yang berada di bawah kordinasi Kemenag.

Penjajakan kerjasama ini dilakukan melalui kunjungan Tim Akademik Panitia Pembangunan UIII ke Library of Congress di Washington DC, dan Perpustakaan Drexel University di Philadelphia. Kegiatan di dua tempat terpisah tersebut berlangsung pada 25 dan 28 Februari 2018 lalu, sebagai bagian dari Program “Strengthening Moderate Voices in Higher Education”, International Visitor Leadership Program (IVLP), Kementerian Luar Negeri Amerika.

Anggota Tim Akademik UIII bidang Perpustakaan dan Museum Peradaban Islam Oman Fathurahman mengatakan Library of Congress, yang dianggap sebagai salah satu perpustakaan dengan koleksi terbesar di dunia, memiliki pengalaman panjang dalam pengelolaan perpustakaan. Library of Congress sudah eksis sejak 1800.

“Library of Congres menjadi contoh baik dalam pengelolaan berbagai material lintas batas, apapun subyek, bentuk, asal Negara, bahasa dan aksara materialnya, termasuk manuskrip-manuskrip dalam bahasa Melayu, Batak, Bugis dan lainnya asal Indonesia,” terang Oman melalui pesan singkat, Selasa (13/03).

Secara spesifik, Oman mengaku telah melakukan pembicaraan awal dengan Dr. Hong Ta-Moore yang bertanggung jawab di Southeast Asian Collection. Dia menegaskan komitmennya untuk melakukan kerjasama pengembangan Database of Southeast Asian Islamic Manuscripts.

“Dalam jangka panjang, kerjasama dengan Library of Congress ini memang akan diarahkan untuk pengembangan Perpustakaan dan Museum Peradaban Islam Indonesia di Kampus UIII,” tuturnya.

Akan tetapi, lanjut Oman, dalam jangka pendek, Kemenag juga ingin memanfaatkan kerjasama ini untuk penguatan perpustakaan-perpustakaan kampus PTKIN. “Kerjasama ini juga dalam rangka pematangan konsep naskah akademik Pusat Kajian Manuskrip Keagamaan Nusantara yang digagas oleh Pak Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin,” ujar Staf Ahli Menteri Agama bidang Manajemen Komunikasi dan Informasi ini.

Di Library of Congress, Tim Akademik UIII yang dipimpin Prof. Dr. Bahtiar Effendy tersebut juga melakukan Focus Group Discussion dengan Muhannad Salhi, Ph.D, Arab World Specialist di African and Middle Eastern Division, terkait manajemen pengelolaan dan pelayanan koleksi manuskrip berstandar internasional. (dimas)

Tags:

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua