Nasional

Kemenag Kembangkan Kompetensi Digital Pustakawanan PTKI

Pengembangan Perpustakaan PTKI Swasta

Pengembangan Perpustakaan PTKI Swasta

Yogjakarta (Kemenag) --- Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag mengembangkan kompetensi digital pustakawan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Swasta.

Pengembangan kompetensi ini digelar dalam pelatihan Pengembangan Kepustakawanan PTKI swasta. Direktur Diktis Amin Suyitno dalam sambutan tertulis yang disampaikan Kasubdit Ketenagaan Ruchman Basori mengatakan pustakawan merupakan elemen penting pengembangan perpustakaan pada perguruan tinggi. Dia berharap kapasitas dan kualitas pengetahuan dan ketrampilan pustakawan terus meningkat di tengah layanan yang serba digital.

“Memang tidah mudah mengembangkan perpustakaan pada PTKIS, namun kita harus optimis dengan kerja keras, semangat dan diimbangi dengan pengetahuan yang cukup serta dukungan penganggaran kita akan bisa mengembangkannya,” tegas Suyitno, Selasa (21/6/2022) di Yogjakarta.

Suyitno menambahkan pemahaman dan ketrampilan para pustakawan harus ditingkatkan (update) sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, problematika perguruan tinggi, sekaligus tantangan yang dihadapi, terutama kelompok millenial.

Kasubdit Ketenagaan Diktis Ruchman Basori menambahkan, data jumlah pustakawan yang dimiliki PTKI Negeri saat ini ada 326 orang. Sebanyak lima orang lulusan S3, 113 orang lulusan S2, 181 orang lulusan S1, dan 25 orang lulusan Diploma. Mereka tersebar di 58 PTKIN. Dari jumlah itu, ada 35 pustakawan kategori terampil dan 291 kategori ahli (Pertama, Muda, Madya, dan Pratama).

“Pelan-pelan kita tata pustakawan pada PTKIS, dari mulai capacity building, peningkatan jenjang karir, sampai pada ha katas tunjangannya,” lanjut Ruchman.

Kegiatan Pengembangan Kepustakawanan PTKIS berlangsung pada 21-23 Juni 2022 dan diikuti 40 pustakawan dari pelbagai PTKIS se-Indonesia terutama Jawa.

Hadir memberikan materi: Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah/Perguruan Tinggi Perpusnas RI Drs. Nurcahyono, SS, M.Si, Pustakawan yang juga Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya Dra. Imas Maesaroh, M.Lib, Ph.D, dan Ketua Asosisasi Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Dra. Labibah, MLIS.

Peserta juga akan diajak untuk visitasi sebagai best practices ke UIN Sunan Kalijaga dengan dipandu oleh para Pustakawan setempat. Dari unsur Direktorat turut mendampingi Effi Widayati Subkor Bina Tenaga Kependidikan, Mustaqim Subkor Perencanaan dan Evaluasi dan sejumlah JFU Subdit Ketenagaan. (RB)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua