Daerah

Kemenag Launching Program Percontohan Daerah Binaan di Riau

Dirjen Bimas Islam, Bupati Inhil dan Kakanwil Kemenag Riau Launching Proper Daerah Binaan di Tembilahan (Foto: Romadanyl)

Dirjen Bimas Islam, Bupati Inhil dan Kakanwil Kemenag Riau Launching Proper Daerah Binaan di Tembilahan (Foto: Romadanyl)

Tembilahan (Kemenag) --- Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam hari ini melaunching Program Percontohan Daerah Binaan di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau.

Launching Program Percontohan Daerah Binaan ini ditandai dengan penabuhan beduk dan pembukaan tirai papan nama oleh Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin didampingi Bupati Indragiri Hilir HM Wardan di Masjid Nurjihad, Jalan Tanjung Harapan, Kelurahan Sungai Beringin, Tembilahan, Kamis (29/09).

Program Percontohan Daerah Binaan di kabupaten berjuluk Negeri Seribu Parit Hamparan Kelapa Dunia ini ditetapkan di Desa Sungai Beringin, Kecamatan Tembilahan.

Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin dalam amanahnya mengatakan Program Percontohan Daerah Binaan adalah salah satu inovasi Bimas Islam Kementerian Agama.

Inovasi tersebut merupakan bagian dari Lima Budaya Kerja Kementerian Agama (Intgritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab dan Keteladan) sebagai usaha untuk mengintegrasikan program Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Direktorat Penerangan Agama Islam, Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah, dan Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf serta kesekretariatan.

"Harapannya adalah dampak program menjadi lebih luas dan manfaatnya semakin dirasakan," ujar Muhammadiyah Amin.

"Ini adalah cermin dan bukti pengamalan dari nilai Islam. Intinya, Islam itu adalah ajaran yang mengajak seluruh umatnya untuk memiliki tidak hanya kesadaran, tapi juga kemauan dan kemampuan untuk memberi kepada sesama," sambung Muhammadiyah Amin yang juga putra jati asal Kabupaten Indragiri Hilir Riau.

Program Percontohan Daerah Binaan ini merupakan sukses kali ketiga setelah sebelumnya diresmikan Kemenag di Sambas Kalimantan Barat pada 2018 dan di Bantar Gebang, Jabar pada April 2019.

Tampak turut mendampingi Dirjen Bimas Islam, Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Kasubbdit Kemasjidan, Kakanwil Kemenag Riau dan Kakankemenag Inhil.

Launching Program Percontohan Daerah Binaan juga dihadiri segenap tokoh masyarakat, alim ulama serta para penyuluh se Kabupaten Indragiri Hilir.

"Kami berjanji akan turun ke daerah ini selama tiga tahun untuk memastikan program ini berjalan dengan baik," tandas Muhammadiyah Amin.

"Kami tidak bekerja sendiri. Ada banyak mitra kerja terlibat dalam program ini, di antaranya Baznas, LAZ, Dompet Duafa dan mitra kerja lainnya. Jadi mari kita kawal bersama program ini, termasuk jajaran Forkominda Kabupaten Inhil," lanjutnya.

Program Percontohan di Indragiri Hilir Riau ini berupa "Kampung Zakat". Program iji bertujuan untuk membangun masyarakat yang mandiri dan kuat melalui pemberdayaan masyarakat berbasis dana zakat, infak, dan sedekah. Mandiri itu sendiri dalam pengertian ekonomi, pendidikan, pembinaan keagamaan (dakwah), kesehatan, dan sosial kemanusiaan.

Program ini didesign selama kurun waktu 3 (tiga) tahun, yaitu fase perintisan, pelaksanaan, dan selanjutnya adalah kemandirian.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan Sembako sebanyak 250 paket, Program Wakaf Produktif, bantuan renovasi nasjid di tiga lokasi dan mushalla di lima likasi, serta pemberian bantuan terhadap lima ormas Islam dan lima majelis taklim.

Bantuan juga diberikan dalam bentuk program pembinaan imam masjid, remaja masjid, temu konsultasi paham keagamaan, pemberian bantuan Al-Quran, juz amma, buku keagamaan dan perlengkapan alat shalat.

"Atas nama keluarga besar Ditjen Bimas Islam kami mengucapkan terima kasih atas penerimaan program ini oleh Bupati dan masyarakat Kabupaten Inhil. Mudah-mudahan pengawalan kita bersama terhadap program ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Indragiri Hilir," tutup Muhammadiyah Amin.

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua