Kemenag Muba Jemput Bola Layani Pendaftar Haji Disabilitas

Muba (Kemenag) --- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Sumatera Selatan mendatangi langsung kediaman calon pendaftar haji disabilitas di Kecamatan Babat Toman, Musi Banyuasin.

Layanan jemput bola ini merupakan salah satu inovasi dari Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Kabupaten Musi Banyuasin karena telah memiliki Mobil Layanan Haji dan Umrah Keliling (MLHUK).

Kepala Seksi PHU Kemenag Muba Muhammad Albarr mengatakan dengan adanya mobil layanan ini, staf Seksi PHU dapat melayani para calon jemaah haji dengan cara mendatangi kediaman mereka. “Sehingga calon jemaah haji tidak perlu lagi datang ke Kantor Kemenag untuk melakukan pendaftaran. Pelayanan ini dinamakan dengan Haji Tandang,” kata Albarr saat ditemui di Kantor Kemenag Muba Sumsel. Kamis (31/3/2022).

Dalam kesempatan itu, Albarr bersama petugas pendaftar haji Ansori mendatangi kediaman pasangan suami istri, Aswat dan Lindawati, untuk melakukan perekaman biometrik. “Ini yang pertama kalinya bagi kami melayani calon jemaah haji disabilitas, dan kami sangat antusias,” ujar Ansori.

Aswat mengakui dirinya sangat terbantu dengan layanan pendaftaran haji jemput bola seperti ini, terlebih sang istri saat ini harus berada di atas kursi roda. “Kami selaku calon jemaah merasa sangat terbantu dengan layanan ini. Mereka mendatangi kami ke rumah untuk melakukan perekaman, apalagi melihat kondisi istri saya sekarang yang sulit untuk berjalan,” kata Aswat.

Program Haji Tandang untuk calon jemaah haji disabilitas ini adalah pelayanan perdana di Kantor Kemenag Muba.