Nasional

Kemenag Raih Anugerah Kualitas Pengisian JPT dari KASN

Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar Ali

Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar Ali

Yogyakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama mendapat penghargaan pada Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Tahun 2021 dengan kategori baik. Penghargaan ini diberikan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai apresiasi dan dukungan terhadap Kemenag dalam pelaksanaan pengisian JPT sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar Ali mewakili Menteri Agama menerima langsung penghargaan tersebut di DI Yogyakarta, Kamis (6/10/2022). Nizar mengatakan bawa penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan dari pihak eksternal terhadap pelaksanaan pengisian JPT di Kemenag.

"Ada 14 kementerian yang mendapatkan penilaian dengan kategori baik, salah satunya Kemenag. Tentu ini sebuah lompatan baik bagi Kemenag," ungkapnya.

Nizar berharap ke depan Kemenag bisa meningkatkan capaian yang sudah diraih ini. "Tentu ke depan insya Allah kita menargetkan kategori sangat baik sehingga kita bisa menerapkan sistem merit secara total," ungkapnya.

Ketua KASN, Agus Pramusinto, mengatakan bahwa Anugerah Kualitas Pengisian JPT kali ini merupakan puncak dari hasil penilaian yang dilakukan sepanjang 2021. Total ada 431 instansi pemerintah yang telah dinilai dengan menimbang berbagai aspek.

“Instansi yang dinilai adalah instansi pemerintah yang memenuhi kelengkapan dokumen pengajuan mulai dari perencanaan hingga pelaporan pelaksanaan pengisian JPT dalam periode bulan Januari sampai dengan Desember tahun 2021,” ungkap Agus.

Agus juga menjelaskan bahwa ada lima dimensi dalam penilaiannya, yakni: dimensi persiapan pengisian JPT, dimensi pelaksanaan pengisian JPT, dimensi pelaporan pengisian JPT, dimensi inovasi manajemen pengisian JPT, dan dimensi pelanggaran sistem merit dalam jabatan.

"Dari kelimanya, KASN secara konsisten dan rinci melakukan pengawasan sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang 5 tahun 2014 Tentang ASN," jelasnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Hilman Fauzi

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua