Kemenag Salurkan 3,5 M Bantuan Pembangunan Relokasi Madrasah Terpadu Lumajang

Lumajang (Kemenag) ---- Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali, menghadiri peletakan batu pertama relokasi Madrasah Terpadu Lumajang, di Lumajang, Sabtu (19/6/2022). Hadir mendampingi, Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur, Bupati Lumajang, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Lumajang.

Peletakan batu pertama sekaligus menandai dimulainya pembangunan Madrasah Ibtidaiyah dan Tsanawiyah yang berdiri di kawasan relokasi dampak erupsi gunung Semeru di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang pada Desember 2021. Pembiayaan pembangunan ini berasal dari donasi penggalangan dana Kemenag. 

Nizar menjelaskan bahwa Kemenag membentuk Satgas penanggulangan bencana alam yang antara lain bertugas membuka donasi pada Kemenag Peduli dan menggalang dana tanggap darurat.

Satgas Penanggulangan Bencana Kemenag berhasil mengumpulkan dana sebesar 3,5 M, berasal dari donasi Keluarga Besar Kementerian Agama, DWP Kemenag, APRI, Pokjaluh, IGRA dan Madrasah se-Indonesia.

Selain membantu masyarakat Lumajang terdampak erupsi Semeru, diterangkan Nizar, donasi juga disalurkan untuk  pembangunan relokasi lembaga pendidikan. Nizar berharap berdirinya madrasah ini dapat membantu menciptakan ekosistem lingkungan baru bagi masyarakat, membantu akses dan kualitas pendidikan bagi masyarakat terdampak bencana gunung Semeru dan masyarakat di Kabupaten Lumajang.

“Saya minta Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur segera melakukan langkah-langkah yang diperlukan guna mempercepat proses pembangunan Madrasah Terpadu ini dan berkoordinasi intens dengan Pemerintah Daerah dan Badan Pertanahan Nasional," Tegas Nizar.

“Solidaritas sosial sebagai wujud rasa kebersamaan dan persaudaraan menjadi kata kunci untuk membangun bangsa, memajukan negara. Tanpa solidaritas sosial, upaya penanggulangan bencana sulit dilakukan,” sambungnya.

Nizar juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut berkontribusi dan membantu penanggulangan bencana di Lumajang.

“Mewakili Kementerian Agama, saya menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan membantu, baik materiil maupun immateriil, guna penanggulangan bencana alam di Lumajang, khususnya kepada Bupati Lumajang beserta jajarannya, Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur, Kepala Kantor Kemenag Lumajang dan seluruh keluarga besar Kementerian Agama di seluruh Indonesia,” pungkas Nizar.