Internasional

Kemenag Sambut Kedatangan Santri Juara Hafalan Al Qur'an Internasional

Direktur Penerangan Agama Islam Khoiruddin Sambut Faqih dan Razaq, santri juara Musabaqah Hafalan Al Quran di Saudi. (foto: danyl)

Direktur Penerangan Agama Islam Khoiruddin Sambut Faqih dan Razaq, santri juara Musabaqah Hafalan Al Quran di Saudi. (foto: danyl)

Jakarta (Kemenag) --- Muhammad Abdul Faqih (21) dan Lalu Muhammad Khairurrazaq (15) tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng. Pesawat Saudia Airlines yang mengantarnya mendarat pukul 09.11 WIB.

Kedatangan dua delegasi Indonesia pada ajang Musabaqah Hafalan Al Qur'an tingkat internasional di Arab Saudi ini disambut oleh Direktur Penerangan Agama Islam Khoiruddin dan Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Mastuki.

Tampak hadir juga orang tua Razaq, Kasi Bimas Islam Jawa Tengah, dan tim dari Indonesia Muraja'ah (komunitas penghafal Al-Qur'an).

"Selamat datang Faqih dan Razaq. Atas nama Kemenag, saya sampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih hingga ikut mengharumkan nama bangsa di kancah dunia," kata Khoiruddin di Cengkareng, Senin (16/10).

Muhammad Abdul Faqih meraih juara III kategori hafalan 30 Juz. Sedang Lalu Muhammad Khairurrazaq meraih terbaik VII kategori hafalan 15 juz. Dalam ajang ini, mereka harus bersaing dengan lebih 80 negara dari berbagai benua, Asia, Afrika, dan Eropa.

"Keduanya adalah santri Indonesia. Karenanya, prestasi yang diraih menjadi kado istimewa di Hari Santri yang diperingati pada 22 Oktober mendatang," ujar Amin.

Atas prestasinya, Faqih mendapat hadiah SAR80ribu dari Kerajaan Arab Saudi. Pemerintah Indonesia juga sudah menyiapkan apresiasi. "Kami siapkan apresiasi untuk keduanya berupa uang pembinaan," kata Khoiruddin.

Selain dari Ditjen Bimas Islam, apresiasi juga sudah disiapkan oleh Ditjen Pendidikan Islam. Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Mastuki mengatakan bahwa Faqih dan Razaq akan menjadi tamu undangan pada puncak peringatan Hari Santri 2017 di Semarang dan Pembukaan MQK di Jepara.

"Ditjen Pendis juga telah menyiapkan bantuan pembinaan prestasi internasional santri," ujarnya.

"Rencananya, apresiasi ini akan diberikan bersamaan dengan pembagian PIP/KIP santri oleh Presiden pada pembukaan MQK," lanjutnya.

Faqih dan Razaq kini telah kembali ke Tanah Air. Selamat Faqih, selamat Razaq. Prestasimu harumkan nama bangsamu!

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua