Kemenag Siapkan Madrasah Ikut Dongkrak Peringkat PISA 2022

Bandung (Kemenag) --- Program for International Student Asessment akan kembali digelar tahun ini. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Moh. Ishom Yusqi menargetkan ada kontribusi signifikan dari hasil asesmen siswa madrasah dalam menaikkan peringkat PISA Indonesia.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar Bimtek Persiapan Akhir PISA Madrasah 2022.  “Kami telah menggelar bimtek hingga tahapan keempat, dan itu dilakukan sejak tahun lalu. Upaya ini dalam rangka mengoptimalkan kesiapan madrasah Indonesia untuk berkontribusi pada peningkatan mutu capaian PISA Indonesia di mata dunia,” tutur Moh. Ishom, di Bandung, Rabu (30/3/2022). 

PISA adalah sebuah pengukuran kompetensi Literasi, Numerasi, dan Sains pada siswa sekolah/madrasah yang dilakukan setiap 4 tahun kepada siswa berusia 15 tahun. Pengukuran kompetensi berskala internasional ini dilakukan oleh negara-negara yang tergabung dalam OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) atau negara kerjasama pembangunan ekonomi.

Hasil PISA tahun 2018, tingkat kompetensi literasi siswa Indonesia masih berada pada peringkat 74 untuk literasi membaca, 73 untuk literasi numerasi, dan 71 untuk literasi sains dari 79 negara peserta PISA. 

“Hasil PISA Tahun 2018 cukup menjadi pelajaran, bagaimana bangsa Indonesia harus serius meningkatkan kompetensi literasi SDM masa depan Indonesia melalui upaya-upaya bermakna dalam peningkatan mutu proses pembelajaran di sekolah atau madrasah,” tegas Isom. 

Kementerian Agama, lanjut Ishom, bertekad memaksimalkan beragam usaha dalam rangka mengotimalkan kontribusi madrasah dalam peningkatan kompetensi anak Indonesia. Usaha itu dilakukan melalui berbagai bentuk ikhtiar revolusi pembelajaran di Madrasah. 

“Mandiri Berprestasi, dari Madrasah untuk Indonesia adalah tekad kami,” ungkap Ishom saat memotivasi perwakilan 71 madrasah sampling PISA 2022. 

Pembekalan Persiapan Pelaksanaan PISA tahun 2022 dilaksanakan oleh bahwa Subdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat KSKK Madrasah. Giat ini  melibatkan 213 guru dari 71 madrasah terpilih di seluruh Indonesia. Acara berlangsung di  Bandung selama tiga hari, 30 Maret – 1 April 2022. 

Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan P4TK Bahasa Jakarta, P4TK IPA Bandung, dan P4TK Matematika Yogjakarta. Harapannya, melalui persiapan ini perolehan PISA Indonesia 2022 dapat meningkat dan mampu memberikan optimisme pencapaian Generasi Emas 2045. 

“Sukses Madrasah, Sukses Indonesia,” tegas Moh. Ishom.