Daerah

Kemenag Sosialisasikan Sistem PAK Lektor Kepala dan Guru Besar

Sosialisasi PAK Lektor Kepala dan Guru Besar

Sosialisasi PAK Lektor Kepala dan Guru Besar

Semarang (Kemenag) --- Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Ditjen Pendidikan Islam terus mendorong civitas akademika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) untuk meningkatkan kepangkatan Lektor Kepala dan Guru Besar.

“Meningkatkan kapasitas dan kepangkatan dosen sangat penting untuk menyiapkan perguruan tinggi bersaing di tengah perubahan yang begitu cepat,” tegas Kasubdit Ketenagaan Diktis, Ruchman Basori saat memberikan Workshop Percepatan Kepangkatan Akademik Dosen Lektor Kepala dan Guru Besar di Universitas Wahid Hasyim Semarang, Rabu (25/5/2022).

“Saat ini jumlah guru besar pada PTKIS termasuk Fakultas Agama Islam (FAI) se-Indonesia baru 10 orang, sementara pada PTKIN mencapai 578 orang, karenaya perlu langkah-langkah percepatan,”terang Alumni UIN Walisongo ini.

Jumlah Guru Besar di lingkungan Kemenag sampai dengan 2021 berjumlah 621 orang. Sementara 33 orang di antaranya sudah memasuki masa pensiun. Sehingga, total per Januari 2022 ada 588 orang.

Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 7 Tahun 2021 dan KMA Keputusan Menteri Agama Nomor 856 Tahun 2021, Penilaian dan Penetapan Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen Jenjang Lektor Kepala dan Profesor dalam Rumpun Ilmu Agama dilakukan oleh Kementerian Agama.

Selain Ruchman Basori, turut memberikan materi Wakil Rektor IV Unwahas Helmi Purwanto, dalam persepektif sistem PAK LK dan GB pada rumpun ilmu umum di bawah Kemdikbudristek.

Sebelumnya, Rektor Universitas Wahid Hasyim Semarang Mudzakir berharap para dosen mempunyai komitmen kuat untuk meningkatkan jenjang kepangkatan akademik LK/GB.

“Unwahas sangat berkepentingan agar para dosen cepat menjadi Lektor Kepala dan Guru Besar dalam berbagai disiplin ilmu, mumpung sekarang dari sisi regulasi terbuka lebar,” katanya di hadapan 30 peserta workshop yang hadir secara offline dan 45 orang secara online.

Saat ini Unwahas memiliki 9 Fakultas dan 1 program pascasarjana dengan jumlah prodi 21 dan 263 dosen. Khusus FAI Unwahas, dosen yang sudah guru besar ada 2 orang, Lektor Kepala 2 orang dan Lektor 29 orang.

Kegiatan workshop ini diikuti dosen Unwahas dari berbagai fakultas dan dihadiri unsur pimpinan, yaitu: WR I Andi Puwrono, WR II Hanifah, WR III Nur Cholid dan WR IV Helmi Purwanto serta Dekan FAI Iman Fadhilah. (RB)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua