Kemenag Terima Penghargaan Pustaka Paripalana 2021 dari Manassa

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama menerima penghargaan Pustaka Paripalana 2021 dari Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa). 

Penghargaan diberikan Ketua Manassa Munawwar Holil kepada Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani  pada Simposium Internasional Pernaskahan 2021, Kamis (26/8/2021).

Penghargaan diberikan dalam rangka memperingati 25 tahun Manassa. Kemenag dinilai aktif dalam memberikan perhatian terhadap dunia pernaskahan Nusantara.    

"Bagi lembaga yang telah aktif memberikan perhatian terhadap dunia pernaskahan Nusantara tersebut, MANASSA perlu memberikan penghargaan," terang Munawwar Holil di Jakarta.

Pengharaan ini tertuang dalam Surat Keputusan Ketua Umum Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa) 
No 013/MANASSA/SK/VIII/2021 tertanggal 26 Agustus 2021.

"Kami, mewakili Menteri Agama RI, menghaturkan terima kasih kepada Manassa yang telah memberikan penghargaan Pustaka Paripanala kepada kami," tutur M Ali Randhani.

Menurutnya, Kemenag selama ini konsen dan berkomitmen menjaga naskah kuno Islam, khususnya, sebagai warisan para leluhur, ulama, dan para sultan selama kerajaan Islam berdiri sejak abad 15 yang lalu.

"Kami memang belum banyak berbuat untuk penyelamatan naskah kuno Nusantara, tetapi sekurangnya, kami terus berikhtiar untuk itu semua, baik di Diktis melalui beasiswa S2/S3 filologi pd tahun 2009, tahqiq kitab turats di Direktorat Pontren tahun 2012-14, Short Course Filologi, dan lainnya," ujar pria yangyang akrab disapa Dhani ini.

Selain Kemenag, Penghargaan Pustaka Paripalana Kategori Kelembagaan/ Kementerian diberikan kepada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Kategori lainnya adalah media massa. Penghargaan Pustaka Paripalana  diberikan kepada Surat Kabar Kompas dan Surat Kabar Pikiran Rakyat.

Adapun untuk Pustaka Paripalana Kategori Televisi, penghargaan diberikan kepada DAAI TV dan METRO TV