Nasional

Kemenpan RB, Evaluasi RB Kemenag Dilakukan Mulai Unit Eselon I Hingga KUA dan Madrasah

Sekretaris Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kemenpan RB Didid Noordiatmoko memaparkan proses Evaluasi RB yang akan d

Sekretaris Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kemenpan RB Didid Noordiatmoko memaparkan proses Evaluasi RB yang akan d

Jakarta (Kemenag) --- Sekretaris Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB Didid Noordiatmoko menyatakan, Kemenpan RB akan melaksanakan Evaluasi Reformasi Birokrasi (RB) di Kemenag mulai unit eselon 1 pusat hingga Kantor Urusan Agama (KUA). Hal tersebut disampaikan Didid pada Entry Meeting Evaluasi Reformasi Birokrasi Kementerian Agama Tahun 2018, di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Ia mengatakan, berbeda dengan evaluasi tahun lalu yang hanya dilakukan di tingkat pusat, kali ini Kemenpan RB akan melakukan evaluasi terhadap dua unit Eselon I pusat, beberapa Kantor Wilayah Kementerian Agama, beberapa Kantor Kementerian Agama Kota/Kabupaten, hingga satker terkecil seperti madrasah dan Kantor Urusan Agama (KUA).

“Tahun ini kami akan turun ke unit kerja di daerah, bahkan kepada satker terkecil, yaitu Kantor Urusan Agama (KUA),” ujar Didid.

Didid menambahkan, Kemenpan akan melakukan survei kepada ASN Kemenag yang ada di daerah. Hal ini menurut Didid untuk memastikan bahwa reformasi birokrasi yang terjadi merata hingga ke unit terkecil Kemenag

“Tidak hanya itu, kami juga akan bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk melihat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang dilakukan Kemenag,” imbuhnya.

Ia menjelasnkan, tim evaluator Kemenpan akan bekerja selama 30 hari kerja untuk melihat gambaran pelaksanaan RB di Kemenag. Evaluasi yang dilakukan, menurut Didid memiliki dua tujuan, yakni untuk menilai (to assess) pelaksanaan RB dan untuk membantu (to assist) melakukan perbaikan pelaksanaan RB di Kemenag.

“Dalam mencapai tujuan tersebut, kami tidak bisa melaksanakan sendiri. Tapi harus bersama-sama dengan Bapak Ibu yang bertugas,” kata Didid.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Syam menargetkan capaian indeks RB tahun 2018 akan meningkat hingga nilai 85,17 atau berada dalam kategori A.

Kegiatan entry meeting evaluasi RB tidak hanya diikuti oleh pejabat eselon I dan II pusat, tetapi juga diikuti oleh 71 pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) dan 34 Kepala Kanwil Kemenag se-Indonesia.

Acara ini sengaja kita lakukan untuk memberikan evidence bahwa kita semua sangat berkomitmen terhadap reformasi birokrasi ini,” tegasnya.

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua