Daerah

KKN Kolaboratif IAIN Takengon Usung Moderasi Beragama dan Bangun Desa

Pelepasan mahasiswa peserta KKN Kolaboratif di IAIN Takengon

Pelepasan mahasiswa peserta KKN Kolaboratif di IAIN Takengon

Takengon (Kemenag) --- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) kolaboratif. Disebut KKN Kolaboratif karena pelaksanaannya bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi lainnya.

Selain IAIN Takengon, ada mahasiswa dari tiga perguan tinggi yang terlibat, yaitu: Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh Tengah, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Bustanul Arifin Kabupaten Bener Meriah dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Saman Kabupaten Gayo Lues.

“Pola kolaboratif ini sebagai bentuk kerja sama atar perguruan tinggi di wilayah tengah Aceh. Program ini diharapkan dapat menjadi energi mutualitas antara mahasiswa, masyarakat, dan pemerintah daerah,” terang Rektor IAIN Takengon Zulkarnain saat melepas keberangkatan Mahasiswa peserta KKN di kampusnya, Senin (13/2/2023).

“KKN Kolaboratif ini mengusung semangat penguatan moderasi beragama dan membangun desa,” sambungnya.

Dikatakan Zulkarnain, selain sebagai upaya penguatan kompetensi mahasiswa dalam kehidupan bermasyarakat, KKN ini akan menjadi ajang bagi mereka untuk meningkatkan literasi toleransi dan penguatan penghayatan terhadap nilai-nilai kearifan lokal.

“Melalui KKN, mahasiswa akan merasakan langsung denyut kehidupan kemasyarakatan dalam beragam perbedaan yang ada. Ini diharapkan dapat menguatkan literasi mereka sekaligus menjadi bekal dan kekuatan dalam menyikapi kebhinekaan masyarakat bangsa,” pesannya.

Kepada para mahasiswa KKN, Zulkarnain berpesan agar mereka dapat memberi respon inovatif-kreatif terhadap program pemerintah daerah dalam membangun kampung (desa). Rektor menggarisbawahi sejumlah program, antara lain: literasi pencegahan stunting dan penguatan tata kelola ekonomi keluarga untuk pembentukan keluarga sehat dan sejahtera.

“Untuk itulah dalam pembekalan Mahasiswa peserta KKN kita hadirkan pihak Dinas Kesehatan sebagai Nara Sumber dan pihak terkait lainnya,” tandasnya.

Ketua Pelaksana KKN Kolaboratif Abidah menambahkan bahwa kegiatan ini diikuti 285 mahasiswa. Mereka akan ditempatkan pada tiga kabupaten, yaitu: Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues. Setiap kabupaten, ada 95 mahasiswa.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua