Nasional

Kloter 12 CJH Sulteng Berangkat Ke Balikpapan

Palu, 15/12 (Pinmas) - Sebanyak 320 calon jemaah haji Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang tergabung dalam Kloter 12 Balikpapan Jumat pagi diterbangkan dari Bandara Mutiara Palu menuju bandara embakarsi Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur. Pantauan ANTARA di Bandara Mutiara Palu, Jumat pagi, menyebutkan para CJH yang kesemuanya asal Kota Palu ini diberangkatkan dengan dua ship penerbangan yakni pukul 05:30 Wita dan pukul 06:15 Wita menggunakan pesawat Lion Air. Keberangkatan 320 CJH (sudah termasuk dua orang petugas kesehatan dan seorang pemadu haji) ini terbilang lancar dan sesuai jadwal yang direncanakan.

Sementara itu, ratusan pengantar terlihat melepas kepergian para CJH Kloter 12 Balikpapan ini hingga ke ruang tunggu penumpang di lantai dua Bandara Mutiara. Beberapa di antara mereka terlihat meneteskan air mata karena tak kuasa melepas kepergian familinya menuju Tanah Suci. Juga, sebagian pengantar terlihat mengabadikan kepergian CJH menggunakan kamera saku (handycam). "Gambar ini saya ambil untuk dijadikan kenangan-kenangan karena merupakan pertama kali ibu saya menunaikan ibadah haji," tutur Herawati, putri seorang CJH asal Palu. Sementara itu, ratusan pengantar lainnya berjejer di pagar bandara sambil mencari-cari sanak saudara yang baru saja turun dari bus pengantar. Terlihat seorang jemaah calon haji melambaikan sapu tangan putih ke arah pengantar. Salah seorang anggota keluarga itu membalas gembira dengan lambaian tangan yang tak henti-henti hingga calon jemaah haji ini masuk ke dalam badanpesawat.

Sejak turun dari mobil pengangkut dari Asrama Haji Palu, para pengantar ini memang tidak diperkenankan oleh panitia dan petugas keamanan untuk mendekati CJH. Tindakan ini dilakukan karena dikhawatirkan dapat mengganggu jadwal keberangkatan mereka ke bandara embarkasi dan Tanah Suci. Achmad Hasan, seorang pengantar misalnya, hanya menyaksikan istrinya yang berangkat menunaikan rukun Islam ke lima ini dari jarak puluhan meter dan ia terlihat terus berdoa untuk keselamatan semua CJH. "Semoga istri saya memperoleh haji mabrur dan diberi kelancaran oleh Allah SWT dalam menjalankan ibadah haji selama berada di Arab Saudi," kata pria yang sudah menunaikan ibadah haji dua tahun lalu itu.

Menurut Wakil Sekretaris Kanwil Depag Sulteng, H. Hasman SH, Kloter 12 Balikpapan yang keseluruhannya adalah CJH asal Kota Palu akan diterbangkan ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi, pada hari Sabtu (16/12) menggunakan pesawat Garuda Indonesia Airlines (GIA). Sementara itu, sesuai rencana kloter terakhir Sulteng (Kloter 13 Balikpapan) dengan jumlah 142 CJH asal Kabupaten Parigi-Moutong mulai Jumat akan memasuki Asrama Haji Palu Jln WR Supratman. Mereka ini akan diterbangkan ke Balikpapan hari Sabtu esok(16/12) dan selanjutnya Minggu (17/12) diterbangkan ke Bandara King Abdul Azis Jeddah, juga dengan pesawat GIA.(Ant/Ims)

Tags:

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua