Nasional

Komisi VIII Apresiasi Sukses Haji 2022

Raker Komisi VIII DPR dan Kemenag, bahas evaluasi haji 1443 H

Raker Komisi VIII DPR dan Kemenag, bahas evaluasi haji 1443 H

Jakarta (Kemenag) --- Anggota Komisi VIII DPR RI mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M.

Pernyataan apresiasi ini disampaikan para anggota dewan dalam Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Haji 1443 H/2022 M yang digelar di Gedung Nusantara, Komplek DPR/MPR, Senayan, Jakarta.

"Saya mengucapkan selamat karena pelaksanaan haji berjalan dengan baik,"ujar Anggota Komisi VIII DPR RI asal Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Selly Andriani, di Jakarta, Rabu (31/8/2022).

Salah satu hal yang patut diapresiasi, lanjut Selly, adalah keberhasilan pemerintah meminimalisir jumlah jemaah wafat. "Kami mengucapkan banyak terima kasih atas pelaksanaan haji tahun ini," imbuh Selly.

Apresiasi juga datang dari politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Iskan Qolba Lubis. "Ada keluarga yang berangkat haji. Saya tanya bagaimana pelaksanaan haji? Mereka mengatakan bagus. Karena pesertanya hanya setengah. Makanan juga tiga kali. Secara umum, saya rasa bagus," ujar Iskan.

Hal senada diungkapkan Anggota Komisi VIII Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Luqman Hakim. Apresiasi ini disampaikan Luqman setelah mendengar testimoni jemaah.

"Bahkan banyak yang mengira ini haji plus semua, tidak ada regulernya karena saking bagusnya pelayanan. Saya mengapresiasi seluruh jajaran pemerintah dengan leading sectornya Kementerian Agama," ujar anggota DPR asal daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah ini.

Keberhasilan ini, menurut Luqman, harus menjadi benchmark bagi pelaksanaan haji tahun berikutnya. "Ini menjadi PR bagaimana mempertahankannya. Tahun berikutnya kualitasnya tidak boleh turun dari ini lah," pesan Luqman.

Sementara Anggota Komisi VIII dari Partai Amanah Nasional (PAN) Yandri Susanto mengaku bersyukur atas penyelenggaraan ibadah haji, setelah sempat tertunda dua tahun lamanya.

"Di tengah kesyukuran itu kami mengapresiasi Kemenag dan K/L yang sudah maksimal di tengah persiapan yang sangat sempit," tutur Yandri

"Ditambah banyak hal mendadak dari Saudi, saya memaklumi kalau ada kekurangan. Saat ini mari kita bergandengan tangan untuk mempersiapkan haji tahun depan," sambungnya.

Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Haji 1443 H/2022 M dipimpin oleh Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi. Hadir dalam rapat, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Hilman Latief, dan Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar Ali.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Sugito

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua