Internasional

Konsumsi Jemaah Haji Dimasak Chef Indonesia

Chef Indonesia di Arab Saudi, Muhammad Efendi

Chef Indonesia di Arab Saudi, Muhammad Efendi

Madinah (Kemenag) --- Menyediakan makanan dengan cita rasa nusantara bagi jemaah haji Indonesia menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh Kementerian Agama. Langkah yang dilakukan adalah memastikan konsumsi jemaah dimasak oleh chef asal Tanah Air.

Salah satu chef tersebut adalah Muhammad Efendi (29). Pria asal Lombok Tengah NTB ini bertugas meracik citarasa makanan khusus untuk jemaah haji 2022. Ia sudah lima tahun berada di Madinah Arab Saudi bekerja menjadi chef. Awalnya memang seorang TKI. Ia bersyukur makanan racikannya bisa dinikmati oleh para tamu Allah.

Efendi, begitu karib disapa, bekerja di perusahaan atau Dapur Al Ahmadi Catering Madinah, yang sudah berdiri sejak tahun 2000. "Awalnya saya asisten Chef. Alhamdulillah, sekarang chef," kata Efendi saat ditemui tim Media Center Haji (MCH) Daker Madinah di sela-sela kegiatan memasak untuk Jemaah Haji Indonesia, Senin (6/6/2022).

"Saya khusus untuk mantau tangani sayur mayur," sambungnya.

Dia mengaku, bisa melayani makan para tamu Allah menjadi kebanggaan tersendiri. "Saya sangat senang sekali bisa melayani makan jemaah haji. Saya berkomitmen akan memberikan pelayanan memuaskan. Mereka adalah tamu Allah," katanya berkaca-kaca.

Sebelumnya, Efendi pernah melaksanakan tugas yang sama pada 2017. Saat itu, dia juga menjadi juru masak bagi jemaah haji Indonesia. "Berkahnya saat itu, saya sekaligus bisa melaksanakan haji. Karena masak makanan saat jemaah haji berada di Arafah dan Mina," jelasnya.

Tahun ini, Efendi memang tidak bisa haji. Karena memang tidak ada jatah untuk bagian katering. "Alhamdulillah, saat ini tetap bisa melayani tamu Allah untuk makanannya," ujarnya.

Secera rinci, Efendi menyampaikan bahwa di perusahaan Al Ahmadi Catering itu, karyawan asal Indonesia ada enam orang. Total ada 60 orang dari beberapa negara. Ada dari NTB, dua orang asal Madura. "Yang paling lama kerja di Madinah, ada yang sudah 10 tahun. Kalau saya baru 5 tahun," katanya.

"Harapan saya, semoga bisa memberikan pelayanan yang memuaskan. Sehingga tamu Allah merasa senang," lanjutnya.

Sementara itu, Perusahaan Al Ahmadi Catering, milik dari beberapa orang pengusaha katering. Di antara pemiliknya adalah, Abu Bakar Al Ahmadi, Ubaidillah dan Yaser.

Menurut Abu Bakar, Kebutuhan karyawan di perusahaan atau Dapur miliknya tergantung pada pesanan atau jumlah jemaah haji atau umrah yang pesan. Jika banyak, otomatis menambah karyawan. "Karyawan tergantung banyak pesanan atau melayani jemaah. Kondisional," katanya.

Makanan jemaah haji yang ditangani oleh Al Ahmadi Catering, adalah makan pagi dan siang. "Makan pagi dengan siang saja. Pagi jam 6 pagi. Siang jam 12.00. sebelum jam itu sudah harus ada di hotel. Sudah harus didistribusikan ke hotel," terangnya.

Kekuatan makanan hanya mampu 4 sampai 6 jam saja. Mayoritas bumbu dan citarasanya harus khas makanan Indonesia. Rempah-rempah banyak dari Indonesia. "Tahun ini ketentuan dari Indonesia sangat bagus sekali. Sudah terinci menunya harus seperti ap. Bagus Indonesia," kata pria yang kini tinggal di Singapura.

Abu Bakar menambahkan, pihaknya juga tidak mau ambil pesanan katering banyak untuk JCH Indonesia. Biar bisa berbagi dengan katering lainnya. "Saya disini betul-betul jaga kualitas. Makanannya bisa dinikmati sendiri. Tahun ini saya hanya menangani 13 ribu jemaah. Dari tanggal 6 sampai 28 Juni. Kita harus berbagi biar berkah," kata pria kelahiran Malaysia itu. (MCH 2022)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua