Masjid Al-Ikhlas Kemenag Gelar Kuliah Ramadan bagi ASN

Jakarta (Kemenag) --- Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama mengikuti “Kuliah Ramadan” perdana di Masjid Al-Ikhlas, Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta. Kuliah Ramadan ini dilaksanakan setiap hari selepas salat zuhur berjemaah selama bulan Ramadan. 

Hadir sebagai narasumber dalam kuliah perdana ini Tenaga Ahli Menteri Agama Hasan Basri Sagala. Dalam ceramahnya, Hasan Basri menyampaikan tentang pentingnya niat ibadah dalam menyempurnakan amalan setiap muslim. Menurutnya hal ini perlu diperhatikan, terlebih saat bulan Ramadan seperti sekarang ini.

 “Di bulan Ramadan ini, kita semua harus meluruskan niat puasa dan ibadah yang dilakukan. Jangan sampai kita puasa karena ingin dilihat teman, keluarga, pimpinan dan lain sebagainya melainkan untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT,” pesan Hasan, Selasa (13/4/2021). 

Hasan mengutip sabda Rasulullah SAW yang berbunyi: 

عَنْ أَمِيرِ المُؤمِنينَ أَبي حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ الخَطَّابِ رَضيَ اللهُ تعالى عنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صلى الله تعالى عليه وعلى آله وسلم يَقُولُ: إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلى اللهِ وَرَسُوله فَهِجْرَتُهُ إلى اللهِ وَرَسُوله، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا، أَو امْرأَة يَنْكِحُهَا، فَهِجْرَتُهُ إِلى مَا هَاجَرَ إِلَيْه

 

"Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan; barangsiapa niat hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya adalah kepada Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa dia diniatkan." (HR. Bukhari)

"Hadis ini sudah lama sering kali kita ucapkan, mungkin dari kecil kita sudah mendengar hadis ini oleh sebab itu agar amal ibadah kita di terima Allah SWT maka hadis ini perlu kita perhatikan," tutur Hasan.

Menurutnya, bila semua amal diniatkan untuk mendapatkan rida Allah SWT, maka akan mendapatkan ganjaran pahala dari-Nya. "Rasulullah juga bersabda setiap amal perbuatan kita, baik sholat, puasa, zakat dan apa pun yang berhubungan dengan ibadah tergantung pada niatnya," jelas Hasan.