Nasional

Kunjungi Palembang, Eny Yaqut Lihat Pahatan 30 Juz di Bayt Al Quran Al Akbar

Penasehat DWP Kemenag, Eny Retno Yaqut di Bayt Al-Quran Al Akbar, Palembang

Penasehat DWP Kemenag, Eny Retno Yaqut di Bayt Al-Quran Al Akbar, Palembang

Palembang (Kemenag) --- Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag, Eny Retno Yaqut sempat meninjau Bayt Al Quran Al Akbar dalam kunjungan kerjanya di Palembang. Ikut mendampingi, Ketua DWP Kemenag RI Farikha Nizar Ali beserta rombongan berkesempatan berwisata religi mengunjungi, Palembang.

Bayt Al Quran Al Akbar ini berada di Pondok Pesantren Alihsaniyah. Lokasinya berada di jalan Moh. Amin, Gandus, Kec. Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

"Digaleri Muri kemaren, saya tahu Bayt Al Quran Al Akbar ini. Alhamdulillah, hari ini bisa melihat secara langsung," kata Eny Yaqut, meluapkan rasa kagumnya, di Palembang, Selasa (15/11/2022).

Eny Retno dalam kesempatan itu sempat melihat pahatan 30 juz Al-Quran. "Seperti dijelaskan tadi, pahatan Al Quran ini terbuat dari Kayu Tembesu, sekelas kayu jati. Ini sangat menakjubkan. Semoga masyarakat semakin banyak mengunjungi Bayt Al Quran ini," sambung Eny Yaqut sembari menyusuri bagian-bagian Bayt Al Quran.

Pimpinan objek wisata Bayt Al Quran Al Akbar Palembang, Syofatillah Mohzaib menyampaikan bahwa pekerjaan pahatan Al Quran ini dilakukan selama lebih kurang tujuh tahun, dari 2002 sampai 2009. "Al Quran Al Akbar ini dipahat diatas kayu Tembesu. Dan menjadi rekor dunia satu-satunya," kata Syofatillah.

Kenapa memakai kayu Tembesu? Syofatillah menjelaskan bahwa jenis kayu ini usianya bisa ratusan tahun. Pahatan Al Quran Al Akbar ini dikerjakan oleh 27 karyawan dan menghabiskan 315 lembar kayu.

"Semoga Bayt Al Aquran Al Akbar ini bisa menjadi amal jariyah bagi kami. Dan sumbangan amaliyah kepada Sumatera Selatan dan masyarakat secara luas agar terus mencintai Al Quran," tandas Syofatillah.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Fadhlillah Hafizhan M

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua