Nasional

Lagi, MAN 2 Kota Malang Juara Umum Kompetisi Sains Nasional Ruangguru

MAN 2 Kota Malang juara umum Kompetisi Sains Ruangguru Nasional

MAN 2 Kota Malang juara umum Kompetisi Sains Ruangguru Nasional

Kota Malang (Kemenag) --- Prestasi kembali diraih peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang. Madrasah binaan Kementerian Agama ini untuk kali kedua meraih juara umum Kompetisi Sains Nasional Ruangguru (KSR) 2022 tingkat SMA/MA.

Informasi ini diumumkan panitia pada 3 November 2022. Sebelumnya, MAN 2 Kota Malang juga menjadi juara umum pada KSR 2021.

Kepala MAN 2 Kota Malang Husnan menjelaskan, kompetisi yang digelar Lembaga Pendidikan Ruang Guru ini merupakan event rutin tahunan. Pada KSR 2022 tingkat SMA/MA, MAN 2 Kota Malang membawa pulang delapan medali, dengan rincian: dua medali emas, tiga medali perak, dan tiga medali perunggu.

"Selain itu, di bidang Fisika MAN 2 Kota Malang, meraih predikat absolute winner dengan menempati peringkat pertama se-Indonesia," jelasnya di Kota Malang, Senin (7/11/2022).

Wakil Kepala MAN 2 Kota Malang bidang Kehumasan Ahmad Thohir Yoga, menambahkan bahwa KSR 2022 dlaksanakan dalam dua tahap. Pertama, Regional Round yang berlangsung pada 1 Oktober 2022. Pada tahap ini, MAN 2 Kota Malang berhasil meloloskan 11 siswa dari semua bidang lomba, yaitu: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, dan Geografi.

Kedua, tahap National Round yang digelar pada 22 Oktober 2022. MAN 2 Kota Malang membawa pulang delapan medali dan kembali menjadi juara umum.

"Untuk kesekian kalinya, MAN 2 Kota Malang memenangkan kompetisi di tingkat Nasional," ujar Yoga, panggilan akrabnya.

"Pencapaian tersebut merupakan hasil kejujuran, kerja keras dari siswa-siswi yang lolos mewakili MAN 2 Kota Malang dalam National Round KSR, dan tidak lupa doa dari seluruh civitas akademika MAN 2 Kota Malang," sambungnya.

Ditambahkan Yoga, prestasi ini menunjukkan komitmen MAN 2 Kota Malang dalam mempertahankan prestasi di bidang akademik dan mewujudkan generasi unggul. Dia berharap pencapaian ini menjadi motivasi setiap insan pendidikan supaya terus giat belajar demi meraih masa depan yang gemilang.

Berikut daftar siswa peraih medali pada KSR 2022:

Emas
1. Kaditya Rakan Pandyansa (XII MIPA 8) - Matematika
2. Askana Mirza Mawlana Irfany (XII MIPA 8) - Fisika

Perak
1. Naufal Wiwit Putra (XI IPS) - Ekonomi
2. Febrian Eka Ardhiansyah (XII IPS 2) - Geografi
3. Nauroh Salsabila (XII MIPA 8) - Fisika

Perunggu
1. Sulthan Fulviano Syah Munir Putra (XII MIPA 2) - Matematika
2. Muhammad Irfan Hanif (XII MIPA 8) - Kimia
3. Nabila Rahma Aisyah (XII MIPA 8) - Kimia

MAN 2 Kota Malang juga memperoleh penghargaan Absolut Winner Bidang Fisika. Prestasi ini diraih oleh Askana Mirza Mawlana Irfany (XII MIPA 8).

(Irwansyah Putra Pradana dan Rayhan Effendy Faza)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua