Nasional

Lantik Rektor dan Eselon II, Menag: Jaga Marwah dan Wajah Kemenag

Menag Yaqut Cholil Qoumas melantik pejabat Eselon I dan II Kemenag

Menag Yaqut Cholil Qoumas melantik pejabat Eselon I dan II Kemenag

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kembali melantik pejabat tinggi pratama atau pejabat eselon II dan pimpinan PTKN di lingkungan Kementerian Agama.

Hadir sebagai saksi dalam penandatanganan berita acara, Sekjen Kemenag Nizar dan Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani. Tampak hadir juga, para pejabat eselon I, Penasihat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut, serta para Staf Ahli dan Staf Khusus Menag.

Prosesi pelantikan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta.

Menag berpesan, pejabat yang dilantik adalah wajah Kementerian Agama yang mewadahi urusan seluruh umat beragama, dalam relasi negara dan agama di negara Pancasila. Kementerian Agama tidak boleh absen dalam memberikan bimbingan, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada umat beragama sesuai amanat konstitusi.

"Saya menaruh harapan besar kepada saudara-saudara agar selalu menjaga marwah dan kehormatan Kementerian Agama serta menjaga integritas dalam melayani umat," ujar Menag, Rabu (13/10/2021).

"Tugas Kementrian Agama dulu, sekarang, dan masa datang adalah tugas mulia sebagaimana kemuliaan sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa dalam rumusan dasar falsafah negara kita," tandasnya.

Ditambahkan Menag jabatan bukan hadiah dan bukan sesuatu yang patut dibanggakan, tetapi amanah dari Tuhan dan negara. Karena itu, lanjut Menag, gunakanlah jabatan yang hari ini diamanahkan kepada saudara-saudara sebagai sarana pengabdian untuk keluhuran agama, negara dan bangsa.

"Jadikan jabatan sebagai wasilah atau alat untuk meningkatkan pengabdian. Jangan diperalat oleh jabatan sehingga saudara-saudara menjadi lupa diri dan kehilangan suara hati nurani," harap Menag

Berikut pimpinan PTKN dan Eselon II yang dilantik :

1. Mujiburahman sebagai Rektor UIN Antasari Banjarmasin periode 2021-2025

2. Zulkarnain Sulaiman sebagai Rektor IAIN Gorontalo periode 2021-2025

3. Ahmad Bahiej sebagai Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Setjen Kemenag

4. Helmi sebagai Kakanwil Kemenag Sumbar

5. Zoztafia sebagai Kakanwil Kemenag Jambi


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: M Rusydi Sani

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua