Lepas Keberangkatan Kloter 4 Embarkasi Medan , TA Menag: Jaga Nama Baik Bangsa

Medan (Kemenag) --- Sebanyak 391 calon jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 4 Embarkasi Medan (MES) malam ini bersiap untuk bertolak ke Madinah, Arab Saudi. Pelepasan ratusan jemaah asal Kota Medan ini berlangsung di Aula Madinatul Hujjaj, Asrama Haji Embarkasi Medan, Selasa (14/6/2022) petang.

Hadir, Tenaga Ahli Menteri Agama Bidang Administrasi Hasan Basri Sagala, Kakanwil Kemenag Sumatera Utara Abdul Amri Siregar, Walikota Medan Bobby Nasution, dan Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama pada Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kemenag Thobib Al Asyhar. 

"Saya menyampaikan salam dari Menteri Agama kepada bapak dan ibu sekalian. Menag juga berpesan agar jemaah haji kita dapat menjaga nama baik bangsa, negara dan pemimpin," kata Hasan Sagala. 

"Mari jaga prilaku kita sebagai warga Indonesia selama menjalankan ibadah haji. Karena umat muslim seluruh dunia berkumpul untuk melaksanakan ibadah haji di tanah suci," sambungnya. 

Hasan Sagala menambahkan saat ini cuaca di Arab Saudi berkisar 46 derajat celsius. Untuk itu ia mengimbau kepada jemaah untuk tetap menjaga kondisi kesehatan selama menjalani ibadah. 

"Bapak dan ibu tidak perlu buru-buru untuk melakukan umrah dan sebagainya. Dikhawatirkan rukun wajib haji akan terlupakan akibat kelelahan. Semoga bapak dan ibu pergi dan pulang ke tanah air dalam keadaan sehat waalfiat, diterima amal ibadahnya dan menjadi haji mabrur," tandas Hasan Sagala. 

Dalam melaksanakan ibadah ini, lanjut Hasan, jemaah harus meluruskan niat yakni mengejar keridaan Allah swt. Sebab, seluruh amal ibadah sangat bergantung pada niat. 

"Karena itu sebelum berangkat ke Tanah Suci, saya mengajak kepada kita semua untuk meluruskan niat. Mudah-mudahan dengan niat kita ini cuaca yang begitu panas bisa menjadi sejuk dan lancar dalam menjalani ibadah haji. Kami doakan seluruh jemaah dapat kembali ke tanah air dengan sehat walafiat dan mendapat haji yang mabrur," ujarnya. 

Kakanwil Kemenag Sumatera Utara Abdul Amri Siregar mengatakan dalam penyelengaraan ibadah haji 1443 H/2022 M, sebanyak 3.842 jemaah dan petugas asal Sumatera Utara berangkat ke Tanah Suci. 

"3.842 jemaah dan petugas yang diberangkatkan dari asrama haji Embarkasi Medan terbagi dalam 10 Kloter. Kloter pertama sebanyak 391 calon jemaah haji sudah berangkat pada 11 Juni 2022 dilanjutkan dengan Kloter 2 dan 3 menggunakan maskapai Garuda menuju Tanah Suci," kata Abdul Amri.