Internasional

MA Al-Hikmah 2 Brebes Juara Debat Bahasa Arab dan MQK tingkat ASEAN 

Siswa MA Al Hikmah 2 raih prestasi pada Festival Dunia Arab (FDA) 4.0 tingkat ASEAN tahun 2022

Siswa MA Al Hikmah 2 raih prestasi pada Festival Dunia Arab (FDA) 4.0 tingkat ASEAN tahun 2022

Brebes (Kemenag) --- Tim Madrasah Aliyah (MA) putri Al-Hikmah 2 Brebes menjadi yang terbaik pada lomba Debat Bahasa Arab pada Festival Dunia Arab (FDA) 4.0 tingkat ASEAN tahun 2022. Siswa MA Al-Hikmah 2 juga meraih juara dua pada cabang Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK).

Kompetisi ini berlangsung di Kampus UNIDA Gontor, 16 – 18 Desember 2022. Kegiatan tahunan ini dibedakan menjadi dua katagori, yaitu: tingkat mahasiswa dan siswa. Untuk peserta putra, kompetisi digelar di Kampus Unida Ponorogo. Sedang untuk peserta putri, lomba bertempat di Ngawi.

Ada puluhan jenis cabang lomba yang semuanya berbahasa Arab, antara lain: Khitabah (pidato), Musabaqah Qiraatil Kutub atau MQK (membaca kitab), Syi'ir, dan Munadzarah Ilmiyah (Debat Ilmiah).

Tim Debat Bahasa Arab MA Putri Al-Hikmah 2 berhasil menyingkirkan lawan-lawannya dan memperoleh juara pertama. "Alhamdulillah, kesungguhan dan kerja keras kita dalam menyiapkan debat bergengsi ini berbuah hasil. Kami meraih juara satu," ujar Fatimah, salah satu debater MA AL HIKMAH 2, di Brebes, Jumat (23/12/2022).

“Kita pernah kalah dan gugur beberapa bulan lalu di lomba debat yang lain. Saat itu, kita hanya sampai babak semifinal. Sekarang, kita lebih termotivasi dan kekalahan tersebut terbayar dengan kemenangan pada kejuaran tingkat ASEAN!," sambungnya.

Debater lainnya, Ashfa menambahkan, kemenangan yang diraih merupakan hasil dari latihan terus menerus dan bimbingan guru. “Meski dalam persiapan kemarin, kita juga harus bisa membagi waktu karena berbarengan dengan pelaksanaan Ujian Akhir Semester (PAS)," sebutnya

Guru pembimbing debat, Sutanto, mengatakan, Al-Hikmah 2 terus berupaya mengikutsertakan para siswanya dalam beragam even dan lomba. Tujuannya, untuk membentuk mental juara bagi mereka.

“Kami punya mimpi untuk bisa berpartisipasi di ajang internasional di Qatar. Insya Allah pelaksanaannya sekitar Juli 2023. Kami akan siapkan dengan serius untuk event bergengsi tersebut. Kita ingin membuktikan pada dunia bahwa kita yang bukan native speaker sebenarnya mampu berbicara dengan lancar seperti penutur aslinya," jelas Sutanto.

Selain lomba debat, siswa MA Al Hikmah2 Brebes, Lujiya, juga menraih juara dua pada cabang MQK. "Saya sangat senang dan bangga dengan capaian ini meskipun persiapannya terbatas. Saya harus menjelaskan apa yang saya baca dengan bahasa Arab juga. Ini adalah pertama kali lomba baca kitab tetapi penjelasannya juga menggunakan bahasa arab. Biasanya penjelasan menggunakan bahasa Indonesia," ujar Lujiya.

Kepala MA Al Hikmah 2, Sulkhi, mengatakan bahwa apa yang diraih siswanya adalah hasil dari proses kerja keras. Menurutnya, hasil tidak mengkhianati proses. “Kemenangan yang diraih oleh para siswa Malhikdua bukan raihan yang bersifat instan. Ada proses panjang untuk meraih itu semua,” terangnya.

Menurut Sulkhi, para siswa selama ini mendapatkan bimbingan dan arahan sejak kelas X sesuai bakat minatnya. Mereka yang memiliki kemampuan logika, diarahkan untuk mendalami potensi itu. Begitu juga mereka yang memiliki kemampuan linguistik bagus, diarahkan mendalami dan mengkaji bidang tesebut.

“Madrasah berkomitmen membekali siswa-siswinya untuk berproses menjadi generasi yang memiliki ciri-ciri ulul albab, yakni generasi yang mampu berolah rasa, berolah hati, berolah pikir, dan berolah raga,” paparnya.

“Selamat kepada para siswa yang sudah berhasil memenangkan lomba Debat Bahasa Arab dan MQK tingkat ASEAN. Ingat, kemenangan bukan menjadi tujuan akhir, tetapi proses untuk menjadi pemenang adalah tujuan. Semoga kemenangan ini bisa menjadi inspirasi bagi para siswa yang lain, dan berkah bagi semua,” tandasnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua