MA Zainul Hasan Genggong Juara Japan Design, Idea, and Invention Expo

Probolinggo (Kemenag) --- Madrasah Aliyah (MA) Model Zainul Hasan Genggong meraih medali emas Japan Design, Idea, and Invention Expo 2021. Ajang ini diselenggarakan World Invention Intellectual Property Associations (WIIPA). 

Japan Design, Idea and Invention  Expo ini berlangsung pada 14 Agustus 2021 di Hotel Kyoto Eminence, Japan. Namun, peserta lomba asal Indonesia mengikutinya secara Virtual.

Tim MA Zainul Hasan Genggong terdiri atas: Fiorenza an Nafisah (ketua, kelas XII IBB), Jinani Firdausiah (anggota, kelas XII IPA A), dan Wilni Wahda Ulwiyati (anggota, kelas XII IBB). Mereka dibina oleh Megawati, selaku pembimbing karya tulis ilmiah dan Siti Nur Kumala Irawati, selaku pembimbing Bahasa Asing. 

Pengasuh sekaligus Kepala MA Model Zainul Hasan Genggong, Kiai Mutawakkil mengatakan, prestasi internasional ini merupakan berkah para masyayikh Genggong. Menurutnya, MA Model Zainul Hasan Genggong mengikuti lomba dalam rangka mengetahui kemampuan akademik dan sebagai tolak ukur prestasi santri (siswa) dan madrasah di jenjang internasional. 

Kiai Mutawakkil menuturkan, lomba menjadi ruang aktualisasi bagi para santri, mengaplikasikan skill, sekaligus menambah pengetahuan mereka. Kompetisi juga dapat mengembangkan pribadi santri.

“Saya sangat bersyukur atas prestasi internasional yang diraih para santri. Ini menandakan bahwa MA Model Zainul Hasan Genggong sangat memperhatikan kualitas perkembangan santri, bukan hanya di level regional, tapi juga di kancah Internasional,” terangnya di Probolinggo, Jumat (24/9/2021). 

Kiai Mutawakkil berpesan, MA Model Zainul Hasan Genggong harus terus mempersiapkan diri untuk memperbaiki fasilitas pendidikan, baik yang berupa Sumber Daya Manusia (SDM) maupun sarana dan prasarananya.

“Semoga hasil pendidikan di MA Model Zainul Hasan Genggong ini bisa mengantarkan peserta didik menjadi santri yang cerdas secara intelektual, mapan secara sosial, dan kokoh spiritual,” harapnya. (Yuyun)