Nasional

Mahasiswa IAIN Purwokerto Juara Lomba Nasional Media Pembelajaran

Purwokerto (Kemenag) --- Mahasiswa Tadris Matematika (TMA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Purwokerto berhasil menjadi yang terbaik dalam Lomba Media dan Alat Peraga Matematika dalam Kompetisi PAMER (Pekan Matematika Regional) Season XIV se-Indonesia 2021.

Tim IAIN Purwokerto terdiri atas Rona Dhiya Layli Iffah, Unggul Pradana, dan Nurul Ma’unah. Hasil lomba diumumkan pada 5 April 2021.

Ajang ini diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo dengan tema “Reposisi Peran Intelektual untuk Melahirkan Generasi EMAS (Educative, Morality, Adaptive, and Smart) melalui Kompetisi Matematika di Era Revolusi Industri 4.0.”

Juara II diraih Tim IAIN Pekalongan dan Tim Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung di posisi III. Lomba ini diikuti mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia dan diadakan secara daring dengan beberapa tahapan.

Tahap awal, 10-18 Maret 2021, peserta mengirim formulir pendaftaran beserta rancangan media pembelajaran melalui email. Tahap kedua, peserta mengirimkan video berupa pengenalan dan penjelasan media. Tahap akhir, 25 Maret 2021, peserta melakukan presentasi media melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Kaprodi Tadris Matematika FITK IAIN Purwokerto Maria Ulpah mengapresiasi prestasi mahasiswa binaannya. “Semoga prestasi ini menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa lain agar terus berkarya meski di masa pandemi,” harapnya di Purwokerto, Rabu (7/4/2021).

Maria berharap Tadris Matematika semakin berprestasi dan kreatif untuk menghasilkan karya-karya inovatif sebagai upaya menjadikan matematika lebih menarik dan menyenangkan.

Terpisa, Rektor IAIN Purwokerto Muhammad Roqib mengatakan prestasi mahasiswanya bagian penting dari ikhtiar meningkatkan mutu IAIN Purwokerto di tengah menunggu Kepres Alih Staus menjadi UIN Syaifuddin Zuhri (Syaizu).

Roqib mengaku mahasiswa IAIN Purwokerto mengalami perkembangan yang luar biasa dalam even-even kompetisi baik tingkat nasional, regional, bahkan internasional. “Atas nama pimpinan kami berharap akan semakin banyak lagi mahasiswa yang meraih prestasi gemilang di kancah nasional,” katanya. (Tim Humas/RB)

Tags:

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua