Mahasiswa UIN Purwokerto Juara Nasional Menulis Esai Counseling Fest

Purwokerto (Kemenag) --- Adhitya Ridwan, mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU) Purwokerto meraih juara 1 lomba menulis esai tingkat nasional pada ajang Counseling Fest.

Counseling Fest diselenggarakan dalam rangka Milad ke-44 BKI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ajang ini diikuti mahasiswa dari Perguruan Tinggi se-Indonesia. Counseling Fest 2021 mengangkat tema ‘Meningkatkan Eksistensi BKI di Era Disrupsi’.

Kompetisi menulis esai ini dibuka sejak akhir September 2021. Para peserta diminta mengumpulkan karyanya dari 23 September sampai 6 Oktober 2021. Proses penjurian berlangsung 7-8 Oktober 2021. Pemenang diumumkan pada 9 Oktober 2021. Juara 1 diraih UIN SAIZU, Juara 2 dan 3 dari Tuan Rumah UIN Sunan Kalijaga.

Adhitya sebelumnya juga meraih berbagai prestasi tingkat Nasional. Menjadi Juara Counseling Fest ini merupakan prestasi ke-9 tingkat Nasional.

Pada 26 September lalu misalnya, Adhitya meraih Juara 2 Lomba Esai Tingkat Nasional dalam rangka Dies Natalis 20 tahun Teknologi Laboratorium Medis. Ajang ini diikuti mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri dan swasta se-Indonesia. Saat itu, Adhitya menulis tema “JogoAwak.id: Sistem Literasi Digital Kesehatan Masyarakat Berbasis Personal Health Record Guna Mendukung Upaya Pemerintah “Tetap di Rumah Aja.”

“Alhamdulillah saya bisa bersama-sama mahasiswa dari pelbagai PT, bertukar ide dan gagasan terutama tantangan dan peran BK di Era Industri 4.0,” kata Adhitya di Purwokerto, Sabtu (9/10/2021).

Dengan banyak mengikuti kompetisi, Adhitya mengaku bisa banyak belajar menulis esai dari banyak sudut pandang dan mendapatkan masukan positif dari para juri. “Bisa menulis itu sesuatu banget apalagi sampai memenangkan perlombaan,” katanya.

Tidak lupa, Adhitya berterima kasih kepada Ibu Nur Azizah, selaku dosen pembimbing dan Dekan Fakultas Dakwah UIN SAIZU yang memberikan support untuk terus belajar.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN SAIZU Sulchan Chakim, mengapresiasi prestasi Adhitya. “Prestasi ini membanggakan, di tengah persaingan antar PT,” katanya.

Sulchan berharap agar apa yang diraih Adhitya, dapat diikuti oleh mahasiswa UIN SAIZU lainnya dalam menganggit prestasi dalam banyak hal. (Tim Media/RB)