Nasional

Malam Lebaran, Wamenag Ajak Gemakan Takbir, Tahlil, dan Tahmid

Wamenag Zainut Tauhid dalam acara Gema Takbir Akbar Nasional dan Pesan Idulfitri1443H, Jakarta, Minggu (1/5/2022)

Wamenag Zainut Tauhid dalam acara Gema Takbir Akbar Nasional dan Pesan Idulfitri1443H, Jakarta, Minggu (1/5/2022)

Kemenag (Jakarta) --- Masjid Istiqlal menggelar Gema Takbir Akbar Nasional dan Pesan Idulfitri pada malam lebaran. Mewakili Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengajak umat Islam untuk mengisi malam takbiran dengan gema takbir, tahlil, dan tahmid.

Menurutnya, lantunan takbir yang terus digemakan diharapkan dapat meningkatkan ketakwaan, memperkuat solidaritas, serta memupuksubur rasa cinta kepada bangsa Indonesia.

"Ini sebagai bentuk rasa syukur kita atas keberhasilan bersama dalam menghadapi wabah Covid-19. Atas kemurahan Allah SWT, dalam perayaan Idulfitri tahun ini kita dapat berkumpul dengan keluarga," ungkap Wamenag di Masjid Istiqlal Jakarta, Minggu (1/5/2022). .

Takbir Akbar Nasional diikuti secara luring oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Imam Besar Masjid Istiqlal KH. Nasaruddin Umar, Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, serta ratusan jemaah Masjid Istiqlal.

Turut memberikan sambutan secara daring, Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin, Gubernur DKI Jakarta Anies R. Baswedan, termasuk perwakilan Kepala Kanwil Kemenag.

Dalam acara yang mengusung tema Memperkuat Silaturahmi, Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Wamenag juga berharap kepada seluruh umat Islam untuk menjadikan Idulfitri sebagai momentum memperkuat ikatan persaudaraan keislaman, kebangsaan, serta kemanusiaan.

"Inilah yang diajarkan oleh para ulama dan pendiri bangsa kita," kata Wamenag.

Wamenag, Menko PMK, Imam Besar Masjid Istiqlal, beserta para imam dan muadzin Masjid Istiqlal turut menabuh bedug sembari bertakbir, bertahlil, dan bertahmid.

"Semoga kita mampu meneladaninya dengan memetik banyak hikmah dari ibadah Ramadan yang telah kita lalui bersama," tandasnya.


Editor: Moh Khoeron

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua