MAN IC Gorontalo, Satu-Satunya Wakil Provinsi Gorontalo di Top 1000 UTBK

Bonebol (Kemenag) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo kembali mengharumkan nama madrasah dan provinsi. MAN IC Gorontalo menjadi satu-satunya wakil provinsi Gorontalo yang masuk jajaran 1000 sekolah dengan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tertinggi di Indonesia.

MAN IC Gorontalo menduduki peringkat ke-25 berdasarkan data yang dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kemendikbud. Data ini dirilis pada Jumat (1/10/2021) secara virtual dengan tajuk "Launching Top 1000 Sekolah Tahun 2021 Berdasarkan Nilai UTBK. Kepala MAN IC Gorontalo bersama 14 kepala sekolah lainnya hadir sebagai undangan.

Ketua LTMPT Mohammad Nasih dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa ada 23.110 sekolah yang ikut serta dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). LTMPT lalu merilis 1.000 sekolah dengan nilai rata-rata UTBK tertinggi.

Dari Top 1000, MAN IC Gorontalo berada di peringkat pertama untuk tingkat Provinsi Gorontalo, dan ada ranking 25 untuk level nasional dengan nilai total UTBK 597,665. Peringkat ini naik dari tahun sebelumnya yang berada di ranking 36 nasional.

Khusus untuk satuan pendidikan madrasah, MAN IC Gorontalo berada di ranking kedua nasional, setelah MAN IC Serpong. Ada 65 madrasah yang masuk dalam Top 1000 UTBK.

Kepala MAN IC Gorontalo, Jasmaniar bersyukur atas capaian madrasahnya meski masih di masa pandemi. “Alhamdulillah atas kerjasama para pemangku kepentingan madrasah, MAN IC Gorontalo tahun ini bisa memperbaiki peringkatnya secara signifikan, meski dalam masa pandemi. Tahun lalu berada di nomor 36, saat ini naik 11 poin ke ranking 25. Madrasah ini juga bisa mengantarkan nama baik daerah Gorontalo tetap eksis dan diperhitungkan di dunia pendidikan nasional,” ungkap Jasmaniar.

Jasmaniar berharap diperiode mendatang, capaian MAN IC Gorontalo dapat lebih baik lagi. ”Hasil tahun ini menjadi evaluasi bagi kami untuk bisa mempertahankan dan meningkatkan apa yang sudah dicapai sejauh ini. Capaian ke depan harus lebih baik dari saat ini,” harapnya seraya menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kementerian Agama, serta pemerintah provinsi dan kabupaten di daerah Gorontalo yang selama ini selalu mendukung kegiatan madrasah. (April/ATB)