Nasional

Mandatori Nasional, Sekjen: Seluruh Satker Harus Laksanakan Roadmap RB Kemenag 

Sosialisasi Roadmap Reformasi Birokrasi Kemenag Tahun 2020-2024

Sosialisasi Roadmap Reformasi Birokrasi Kemenag Tahun 2020-2024

Jakarta (Kemenag) --- Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar menegaskan bahwa reformasi birokrasi (RB) merupakan program mandatori nasional yang harus dilaksanakan seluruh Kementerian/Lembaga (K/L). Untuk itu, Menteri Agama telah mengeluarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) nomor 29 tahun 2020 tentang Roadmap Reformasi Birokrasi Kementerian Agama 2020-2024.

“Ini sudah memasuki tahun kedua dari roadmap tersebut. Maka kita berharap seluruh satuan kerja (satker) sudah memahami dan siap menjalankan roadmap reformasi birokrasi ini,” kata Nizar saat membuka Sosialisasi Roadmap Reformasi Birokrasi Kemenag Tahun 2020/2024 secara virtual, Senin (04/10/2021).

Nizar menuturkan, roadmap yang disusun bersifat implementatif, dan penyusunan strategi pun diarahkan untuk menjawab permasalahan konkrit yang terjadi di lapangan. “Karenanya saya minta, setiap pimpinan satker untuk kembali membaca roadmap ini serta mengimplementasikannya di lapangan,” kata Nizar.

“Karena ini mandatori nasional, maka kita harus senantiasa melakukan perubahan dan penyesuaian yang dapat memicu dan memacu terlaksananya reformasi birokrasi di Kemenag. Kita ingin Kemenag dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” imbuhnya menandaskan.

Ia juga memaparkan dalam roadmap tersebut juga tertera sejumlah Quick Wins. Ini merupakan sejumlah program yang dibuat untuk melakukan percepatan reformasi birokrasi. “Quick wins ini ada dua macam. Yang pertama quick wins mandatori, dan kedua quick wins mandiri,” jelas Nizar.

Quick wins mandatori antara lain penyederhanaan struktur birokrasi yang harus selesai pada tahun pertama roadmap. “Atau bila ada yang belum selesai, harus segera diselesaikan di tahun kedua ini,” ujar mantan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag ini menjelaskan.

Sementara, quick wins mandiri menurutnya adalah sejumlah program yang ditetapkan Kemenag sesuai dengan isu strategis, karakter organisasi, serta sumber daya. “Di roadmap ini tertera masing-masing quick wins dari masing-masing unit eselon I. Tolong diperhatikan, dan segera ditindaklanjuti bila belum dilaksanakan,” pesan Nizar.

Sosialisasi Roadmap RB Kemenag Tahun 2020-2024 ini diikuti ratusan pimpinan dan tim Reformasi Birokrasi Kemenag mulai dari pusat hingga daerah. Kepala Biro Organisasi Tata Laksana Akhmad Lutfi selaku pelaksana sosialisasi berharap kegiatan yang digelar secara virtual ini dapat menjadi pemicu bagi seluruh satuan kerja untuk bergandengan tangan mewujudkan reformasi birokrasi di Kemenag.

“Dengan sosialisasi ini, kita berharap seluruh program kerja dalam roadmap dapat terdistribusi ke seluruh satuan kerja sesuai dengan kewenangannya. Selain itu, kami berharap seluruh satuan kerja dapat mengimplementasikan roadmap RB Kemenag,” tutup Luthfi.


Editor: Indah

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua