Melihat Lebih Dekat, Jaringan Mora-Net di KUA Matangkuli, Aceh Utara

Matangkuli (Kemenag) --- Integrasi jaringan Kementerian Agama atau lebih dikenal dengan Mora-Net tersebar mulai dari Pusat hingga daerah di seluruh Indonesia. Salah satunya di Kantor Urusan Agama (KUA), Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara.

Kepala KUA Matangkuli, Helmi Saputra merasa fasilitas Mora-Net sangat bermanfaat untuk menunjang layanan keagamaan kepada masyarakat. Ini menjadi bagian dari program prioritas Kementerian Agama, yakni transformasi digital.

"Kami sangat berterima kasih kepada Kementerian Agama, karena mendapatkan fasilitas jaringan Mora-Net ini. Sangat membantu dalam melayani masyarakat, khususnya di bidang layanan keagamaan," kata Kepala KUA Matangkuli, Helmi Saputra, Selasa (18/10/2022).

"Semoga Kemenag Pusat, dapat lebih meningkatkan fasilitas layanan Mora-Net ini," sambung Helmi Saputra.

Operator KUA Matangkuli, Sardiani merasa senang dikunjungi Tim IT Biro Humas, Data, dan Informasi untuk melihat secara langsung dan mengecek jalannya jaringan Mora-Net di Matangkuli.

"Terimakasih Pak. Kami yang jauh dari Ibu Kota, bisa mendapatkan fasilitas internet ini. Semua jadi terasa dekat, layanan kepada masyarakat semakin mudah dilakukan," kata Sardiani.

Untuk sampai di Matangkuli, dari Banda Aceh membutuhkan waktu 12 jam perjalanan pulang pergi. Melewati Kabupaten Aceh Besar, Pidie, Pidie jaya, Lhokseumawe, baru tiba di Aceh Utara. Menelusuri jalan  di pinggiran Gunung Seulawak.

"Alhamdulillah, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Matangkuli mendapat fasilitas jaringan Mora-Net, kapasitas download sebesar 4.80 Mbps, dan Upload sebesar 1.23 Mbps. Jaringan internet ini sudah tersebar di 106 KUA," kata Kepala kantor Kementerian Agama Kab. Aceh Utara, Maiyusri yang turut hadir di KUA Matangkuli.

Tampak mendampingi Tim IT Biro Humas Data dan Informasi, Kepala Bidang Urusan Agama Islam, Azhari, JFU Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, M. Basri, dan Faiyat Musaddaq.