Menag: ADIKTIS Perkuat Kontribusi PTKI dalam Pengembangan Keilmuan dan Komitmen Kebangsaan

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama (Kemenag) kembali menggelar Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (ADIKTIS) 2021. Ini merupakan ajang pemberian anugerah atas prestasi civitas akademika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan ADIKTIS kali kedua ini digelar untuk memacu perguruan tinggi keagamaan Islam seluruh Indonesia untuk terus menunjukkan pencapaian terbaiknya kepada publik. 

"ADIKTIS diharapkan dapat memperkuat kontribusi PTKI dalam pengembangan keilmuan dan komitmen kebangsaan," tegas Menag di Jakarta, Senin (13/12/2021).

Kemenag, lanjut pria yang akrab disapa GusMen ini, memberikan apresiasi berdasarkan sejumlah kategori. Misalnya, kategori kepemilikan hak paten, kepemilikan jurnal, dan kepemilikan akreditasi unggul.

Ke depan, Menag Yaqut berharap PTKI dapat melakukan hilirisasi ilmu pengetahuan. Caranya, integrasi disiplin ilmu pengetahuan keagamaan dengan sains secara masif. Dengan begitu, alumni PTKI dapat lebih kompetitif dan kontributif di berbagai bidang kehidupan.

"PTKI perlu terus berupaya melakukan hilirisasi ilmu pengetahuan. Masih banyak ruang kosong yang harus diisi, seperti halal industry, Islamic tourism, art atau seni Islam, dan lainnya," jelas Menag.

"Perpaduan antara ilmu syariah dan ekonomi misalnya, dapat menghasilkan halal industry," pungkasnya.