Menag Ajak Jajarannya Lari Kencang, Beri Layanan Publik Terbaik

Ternate (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak jajarannya untuk bergegas dalam meningkatkan kualitas layanan. 

"Mari kita lari sekencang-kencangnya untuk memberikan pelayanan yang terbaik," ajak Menag Yaqut saat memberikan sambutan pada Peresmian Gedung Zam-zam dan Gedung Mina Asrama Haji Transit Ternate, Sabtu (16/10/2021). 

Diresmikan juga Gedung Laboratorium Terpadu, serta Asrama Siswa dan Rumah Dinas Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) IC Halmahera Barat. Acara ini dirangkai dengan Pembinaan ASN Kemenag Maluku Utara dengan Tema 'Agama sebagai Inspirasi Moderasi Beragama'.

Salah satu ikhtiar Menag Yaqut dalam meningkatkan kualitas layanan Kemenag adalah Revitalisasi KUA. Program ini bertujuan mengoptimalkan peran KUA agar bukan hanya sebagai tempat urusan pernikahan saja, tapi menjadi etalase Kementerian Agama. KUA sebagai tempat pelayanan umat beragama.

"Pelayanan itu menjadi orientasi pertama. Asrama haji contohnya sebagai pelayanan kepada masyarakat. Ini jangan berhenti hanya sampai di kemegahan gedung, namun beriring dengan kemegahan pelayanannya," pesan Menag.

"Meskipun embarkasi transit, namun harus bisa dikembangkan menjadi embarkasi," sambungnya.

Kakanwil Kemenag Maluku Utara, Sarbin Sehe menyampaikan bahwa Gedung Mina yang diresmikan Menag Yaqut terdiri dari lima lantai. Gedung ini dilengkapi 48 kamar dan 5 kamar VIP. Gedung baru ini dapat menampung 153 jemaah haji. Pembangunan gedung ini dibiayai dengan dana SBSN.

Wakil Gubernur Maluku Utara, Al Yasin Ali menyampaikan terima kasih atas kehadiran Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Maluku Utara. Ini menjadi motivasi bagi pemerintahan untuk dapat membangun Maluku Utara yang lebih baik.

"Gedung mewah di Sofifi, misalnya sudah tampak, seperti adanya gedung Kakanwil Kemenag di sana. Pembangunan gedung-gedung pendidikan juga berdiri, di tengah Pandemi Covid-19, semua berjalan lancar," kata Al Yasin Ali.

Selain itu, lanjut Al Yasin Ali dengan hadirnya gedung yang baru, Maluku Utara lebih siap lagi ke depan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi penyelenggaraan haji.

"Fasilitas yang dimiliki Kemenag saat ini, bisa dapat menampung jamaah haji. Namun begitu tingginya minat masyarakat untuk berhaji, gedung dan fasilitas masih terus dibutuhkan. Kiranya, gedung ini lebih bermanfaat, dikelola dengan baik sebagai sarana utama untuk melayani jamaah haji yang lebih baik," tutup Al Yasin Ali.

Peresmian gedung Zam-zam Asrama Haji Transit Ternate ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Sementara peresmian gedung Asrama MAN IC Halmahera Barat dan Laboratorium ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Tampak hadir, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, staf khusus Menteri Agama Bidang Image Building dan Pengembangan IT, Wibowo Prasetyo, staf khusus Menteri Agama Bidang Ukhwah Islamiyah Penguatan Ormas dan Stakeholder Jaringan Keagamaan serta Moderasi Beragama, Ishfah Abidal Aziz, para Kakanwil Kemenag se Indonesia, Forkopimda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat Ternate.