Menag Ajak Mathla'ul Anwar Ikut Sukseskan Penguatan Moderasi Beragama 

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak ormas keagamaan Islam Mathla'ul Anwar untuk bersinergi dalam mendukung dan mensukseskan program strategis Kementerian Agama, yaitu penguatan Moderasi Beragama dan pendidikan keagamaan di Indonesia.

Ajakan ini disampaikan Menag Yaqut saat menerima kunjungan silaturahmi dan audiensi Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Mathl'aul Anwar (MA) KH Ahmad Sadeli Karim dan Sekjen H.Oke Setiadi di Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat No 3-4 Jakarta.

"Pemerintah dan Kemenag khusunya, tidak mungkin bisa sendiri dalam menyelesaikan problem kebangsaan. Kita butuh kerja sama dengan ormas keagamaan Islam dan kami yakin Mathl'aul Anwar merupakan ormas moderat dan wasatiyah," ujar Menag di Jakarta, Kamis (1/4/2021).

"Kami mengajak Mathla'ul Anwar untuk bersinergi sukseskan program prioritas Kemenag, di antaranya Moderasi Beragama dan sektor pendidikan keagamaan," sambung Menag. Hadir mendampinggi Menag Kabag TU Pimpinan Thobib Al-Asyhar, Staf Khusus Menag Adung Abdul Rochman, Wibowo Prasetyo, dan Nuruzzaman, serta Tenaga Ahli Hasan Basri Sagala.

Selain membahas sinergi program prioritas Kemenag, dalam kesempatan tersebut Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Mathl'aul Anwar (MA) KH Ahmad Sadeli Karim menyampaikan helat besar yang akan digelar yaitu Muktamar Mathl'aul Anwar Ke-20 di Bogor pada 1-3 April 2020.

Menurut KH Ahmad Sadeli Karim, Muktamar ke-20 Mathla’ul Anwar dan Musyawarah Nasional (Munas) ke-5 Muslimat Mathla’ul Anwar (Musma) pada 1-3 April 2021 akan berlangsung di Mega Mendung Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Rencananya, hajat nasional Mathla'ul Anwar ini akan dibuka Presiden Jokowi dan ditutup Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

"Dalam Muktamar ke-20 Mathla’ul Anwar ini kami mengundang dan berharap Bapak Menteri untuk dapat memberi arahan saat pembukaan, apakah itu secara online maupun offline," harap KH Ahmad Sadeli Karim.

Ia menjelaskan ormas Islam yang dipimpinnya adalah mitra pemerintah serta menganut pada ajaran Islam Rahmatan Lil'alamiin atau rahmat bagi seluruh alam dan menganut faham ahlusunah waljamaah.

Ditambahkan KH Ahmad Sadeli Karim gelaran muktamar Muktamar ke-20 Mathla’ul Anwar mendapat dukungan dari Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma’ruf Amin, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Jenderal TNI (Purn) Dr H Wiranto, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Dr H Moeldoko, serta Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel.

"Begitu juga dengan Gubernur DKI, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Banten, Bupati Pandeglang dan Bupati Bogor," tandasnya.