Menag Berziarah ke Makam Mbah Dimyati Rois

Kendal (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini bertakziah ke rumah duka dan berziarah ke makam Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Dimyati Rois. Almarhum Mbah Dim (sapaan akrab KH Dimyati Rois), wafat pada Jumat, 10 Juni 2022. Menag baru bisa bertakziah karena baru kembali dari kunjungan kerjanya ke Vatikan.

Menag Yaqut menyampaikan ungkapan duka mendalam atas wafatnya Mbah Dim. Almarhum dikenal sebagai sosok yang banyak menginspirasi, terlebih sikap kesederhanaannya yang layak menjadi contoh bagi banyak pihak. Mbah Dim juga dikenal sangat kharismatik serta telah banyak mencetak santri-santri unggul dan berkualitas.

Selain sederhana dan kharismatik, kata Menag, Mbah Dim dikenal mudah bergaul dengan siapa saja, memiliki ilmu pengetahuan yang luas, memberi pengajaran dengan teladannya, sehingga membuat banyak orang sangat merasa kehilangan.

Tampak hadir bersama menag Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Yahya Cholil Staquf, Staf Khusus Menteri Agama Abdul Rochman dan Wibowo Prasetyo dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Tengah Musta'in Ahmad.

Usai bertakziah, Menag berziarah ke makam Mbah Dim di Komplek Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fadlu 2, Dusun Srogo, RT 1, RW 5 Desa Sidorejo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal. Tampak masih banyak warga dan para santri yang berziarah, mendoakan guru mereka. Pembacaan doa tahlil dipimpin KH. Yahya Cholil Staquf.

KH Dimyati wafat pada Jumat, 10 Juni 2022, di usia 77 tahun. Mbah Dim merupakan pengasuh Pesantren Al-Fadhlu Wal Fadhilah yang didirikan di Kampung Djagalan, Kutoharjo, Kaliwungu pada 1985.