Menag dan Menteri Urusan Keislaman Arab Saudi Sepakat Tingkatkan Kerjasama

Jakarta 6/3(Pinmas)--Dalam pertemuan antara Menteri Agama Muhammad Maftuh Basyuni dengan Menteri Urusan Keislaman,Wakaf, Dakwah dan Penyuluhan Arab Saudi Sheikh Saleh bin Abdul Aziz bin Muhammad bin Ibrahim Al-Sheikh, di Gedung Dep.Agama, Jakarta, selasa (6/3) disekapakati untuk meningkatkan kerjasama anta kedua instansi khususnya dalam hal pengembangan dakwah, wakaf, pendidikan dan pemberdayaan masjid. Menurut Menag , hubungan antara dua negara yang selama ini telah berjalan dengan baik, dapat terus ditingkatkan melalui program-program yang membawa kemaslahatan bagi umat Islam di kedua negara. ”Kami sangat setuju kerjasama antara Dep.Agama dengan Kementerian Urusan keislaman, Wakaf, Dakwah dan Penyuluhan Arab Saudi tertuang dalam MOU,” katanya. Menag pada kesempatan tersebut juga menyampaikan persoalan yang terjadi pada musim haji 1427 H, yaitu masalah katering di Arafah dan Mina.

Persoalan ini, kata Menag, akan diselesaikan secara baik dan bijaksana dan tidak boleh merusak hubungan baik antara kedua negara. “Yang salah tetap kami nyatakan salah, dan yang benar harus kita bela,” ujar Menag. Sementara itu, dalam sambutan balasan Sheikh Saleh mengucapkan terimakasih kepada Menteri Agama yang berkenan mengundang kami berkunjung ke Indonesia untuk mengenal lebih dekat kegiatan yang dilaksanakan Dep.Agama khususnya dalam meningkatkan jalinan kerjasama antara kedua negara. Saleh mengatakan, Arab saudi dan Indonesia adalah negara yang memiliki bobot di lingkungan dunia Islam, oleh karena itu peningkatan kerjasama antara kedua negara akan memberikan manfaat bagi umat Islam dan umat manusia di dunia. Saleh menambahkan, kami siapkan memberikan pengalaman-pengalaman dalam hal pengelolaan dan investasi wakaf kepada Indonesia.

Kami juga berminat mengusulkan untuk melaksanakan kerjasama bidang dakwah yang ditekankan pada upaya-upaya dakwah untuk membasmi terorisme dan ekstrimisme, serta dalam upaya memberdayakan masjid. Menteri Urusan Keislaman, Wakaf, Dakwah dan Penyuluhan Arab Saudi dan Rombongan dalam rangkaian kunjungan ke Indonesia, Selasa (6/3) siang, Pukul 13.00 WIB ini akan diterima Presiden SBY, mengadakan pertemuan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua PP Muhammadiyah dan Ketua Umum PB NU. (ts)